Friday, July 22, 2011

25 Tim Lolos FISFiC Jalani Pelatihan

VIVAnews - Pelatihan bagi 25 tim yang lolos kompetisi Fantastic Short Film Competition (FISFiC) dimulai hari ini, Jumat, 22 Juli 2011. Pelatihan masih akan berlangsung hingga besok, Sabtu, 23 Juli 2011 di Kampus The Joseph Wibowo Center.

Dalam pelatihan tersebut, selain menimba ilmu proses pembuatan film, peserta juga berkesempatan untuk berkonsultasi privat bagi film mereka.

Sementara itu, para pengajarnya adalah pendiri dan panitia FISFiC, yaitu Joko Anwar (sutradara/penulis skenario Kala/Pintu Terlarang), Mo Brothers (Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel, sutradara Rumah Dara), Gareth Evans (sutradara Merantau), Sheila Timothy (produser Pintu Terlarang), dan Rusli Eddy (Direktur Indonesia International Fantastic Film Festival/INAFFF).

Ekky Imanjaya, dosen Binus School of Film serta editor Rumahfilm.org bertindak sebagai moderator dalam pelatihan ini.

"Pesertanya cukup antusias ya tadi. Jadi dijelaskan pengenalan FISFiC itu apa, exploring FISFiC, karena nggak semua orang tahu tentang FISFiC ya, tadi juga scripting one on one sama saya," kata Joko Anwar kepada VIVAnews.com di Kampus The Joseph Wibowo Center, Jalan Hang Lekir, Jakarta Selatan, Jumat 22 Juli 2011.

Dalam kesempatan itu, sutradara 'Pintu Terlarang' tersebut juga memberikan beberapa saran terhadap peserta yang akan melakukan pitching sepekan berikutnya.

"Kalian harus fokus, spesifik, dan tanya diri sendiri apakah cerita tersebut akan menarik untuk difilmkan nantinya. Kita harus tahu yang diceritakan itu apa, kita juga harus sangat percaya dengan cerita kita, harus meyakinkan," ujarnya ketika memberikan saran.

Peserta terlihat sangat antusias dalam pelatihan tersebut. Setelah pelatihan selama dua hari, seluruh tim memang akan melakukan presentasi untuk meyakinkan para juri agar mereka bisa lolos ke babak berikutnya. Nantinya akan dipilih lima karya yang diberi modal awal Rp10 juta untuk menyelesaikan proyek filmnya.

Selama proses pembuatan, mereka juga akan dimentoring oleh para sutradara tersebut.

"Tidak hanya ilmu basic yang kami berikan, tapi pengalaman kami juga. Karena sebenarnya yang penting itu pengalaman ya," kata produser 'Pintu Terlarang' Sheila Timothy yang ikut menjadi pantia FISFiC.

Karya para finalis babak kedua ini nantinya akan diputar di Indonesia International Fantastic Film Festival (INAFFF) 2011, pada November mendatang. Film juga akan dibeli oleh Jive Collection untuk dijadikan DVD.

Lalu, bagi pemenang pertama, filmnya akan dibuat kembali dan masuk dalam proyek omnibus bersama Joko Anwar, Mo Brothers, dan Gareth Evans, yang diproduksi oleh Lifelike Pictures pada 2012.

"Besok saya juga akan menjelaskan tentang film dari sisi bisnisnya sebagai produser. Karena sebagai film maker, mereka akan lebih tajam kalau misalnya punya sense of business dan marketing, tidak hanya sisi kreatif," kata perempuan yang akrab dipanggil Lala Timothy itu. (art)

• VIVAnews

No comments:

Post a Comment