Friday, July 29, 2011

Juergen Klinsmann Atau Marcello Lippi

Nama Juergen Klinsmann dan Marcello Lippi masuk dalam bursa calon pelatih timnas AS menggantikan Bob Bradley yang dipecat. Bradley didepak setelah AS hanya menempati peringkat kedua dalam turnamen Piala Emas bulan lalu.

SEPERTI dikutip dari situs resmi USA Soccer, Klinsmann berpeluang besar menempati posisi head coach setelah dirinya bertemu langsung dengan Presiden US Soccer, Sunil Gulati.

Track record cemerlang mantan penyerang Jerman itu diharapkan dapat tertular ke pemain Amerika. Sebagai catatan, semasa menjadi pemain, Klinsi, panggilan akrab Juergan Klinsmann, pernah membawa Jerman juara Piala Dunia 1990 dan Piala Eropa 1996.

Sebagai pelatih, Klinsmann sukses mengenalkan metode latihan baru kepada Der Panzer yang ditanganinya pada 2004-2006 sehingga tim tampil lebih atraktif. Dengan deretan pemain muda, Klinsmann sukses membawa Jerman menempati peringkat tiga Piala Dunia 2006.

"Saya akan berusaha meyakinkan pengurus untuk memilih Klinsmann," kata Gulati.

Menurut Gulati, Klinsmann sebenarnya sudah pernah ditawari melatih Amerika setelah meninggalkan Jerman. Tapi, dia memilih raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen

Sayang, ia hanya sanggup bertahan satu musim 2008-2009. Prestasi di tim nasional tidak bisa ditransfromasikan Klinsmann ke tubuh FC Hollywood ini.

Penunjukan Klinsmann diharapkan membawa dampak lain terhadap sepak bola di Amerika Serikat. Popularitas Klinsmann di dunia sepak bola dinilai bisa membantu lebih mengenalkan sepak bola Amerika di mata dunia. Apalagi MLS, liga sepak bola Amerika, kini makin diminati bintang-bintang dunia yang mulai turun pamor.

■ Indra Maliara
sumber:


www.monitorindonesia.com

No comments:

Post a Comment