Monday, July 18, 2011

Final 'Harry Potter' Catat Rekor Baru

VIVAnews - Seperti yang sudah diduga banyak pihak, sekuel terakhir 'Harry Potter' berhasil menempati puncak box office di Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara di dunia. Film bertajuk 'Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2' tersebut diperkirakan meraup US$168,7 juta atau setara dengan Rp1,4 triliun sejak diputar pertama kali di Amerika, pada Jumat, 15 Juli 2011 hingga Minggu, 17 Juli 2011 waktu setempat.

Seperti dikutip dari kantor berita Associated Press (AP), film yang dibintangi Daniel Radcliffe ini juga berhasil menggeser film 'The Dark Night' sebagai film terlaris di Amerika pada pekan pertama pemutaran. Film yang berkisah tentang superhero Batman tersebut hanya berhasil meraup US$158,4 juta atau setara dengan Rp1,3 juta.

Tingginya pemasukan 'Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2' tak lepas dari harga tiket yang lebih mahal karena diputar dengan menggunakan format 3-D. Oleh karena itu, meski tiket yang terjual lebih sedikit, namun film yang dibintangi Emma Watson itu berhasil meraih pendapatan yang lebih besar.

Selain berjaya di Amerika, film 'Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2' juga merajai box office di Australia dan Inggris. Film yang sudah diputar di 59 negara sejak Rabu, 13 Juli 2011 ini meraih pemasukan sebesar US$307 juta atau setara dengan Rp2,6 triliun.

Film ini juga memecahkan rekor baru untuk debut internasional yang sebelumnya dipegang 'Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides'. Film yang dibintangi Johnny Depp tersebut hanya meraih pendapatan US$260,4 juta atau setara dengan Rp2,2 triliun.

Total, pamungkas film 'Harry Potter' ini berhasil meraih pendapatan US$475,7 juta atau setara dengan Rp4 triliun di seluruh dunia pada pekan perdana pemutaran. Hasil ini memungkinkan film garapan rumah produksi Warner Bros tersebut menjadi film waralaba pertama dengan pemasukan miliaran dolar di seluruh dunia.

"Ini akan menjadi film 'Harry Potter' dengan pendapatan terbesar sejauh ini. Miliaran dolar pasti akan tercapai," ujar Kepala Distribusi Domestik Warner Bros, Dan Fellman.

Saat ini, film waralaba terlaris dipegang sekuel pertama kisah penyihir dari sekolah Hogwarts tersebut, 'Harry Potter and the Sorcerer's Stone' yang diputar sepuluh tahun lalu. Selama pemutarannya di seluruh dunia, film tersebut berhasil meraih pendapatan US$974,8 juta atau setara dengan Rp8,3 triliun. Sementara itu, sekuel ketiga 'Transformers' yang sebelumnya menempati puncak box office di Amerika harus turun ke peringkat dua dengan meraih pendapatan sebesar US$21,3 juta.

Daftar film box office di Amerika Serikat:

1. 'Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2'
2. 'Transformers: Dark of the Moon'
3. 'Horrible Bosses'
4. 'Zookeeper'
5. 'Cars 2'
6. 'Winnie the Pooh'
7. 'Bad Teacher'
8. 'Larry Crowne'
9. 'Super 8'
10. 'Midnight in Paris'

• VIVAnews

No comments:

Post a Comment