Tuesday, July 19, 2011

Dhani: Pemikiran Gus Dur Sama dengan Saya

VIVAnews - Musisi Ahmad Dhani menyebut dirinya adalah salah seorang yang sangat mengagumi mendiang Gus Dur. Menurutnya, pemikiran dan pemahaman keagamaan Presiden Republik Indonesia ke-4 tersebut hampir 100 persen sesuai dengan pemahaman pentolan Dewa 19 itu.

"Saya melihat Gus Dur sebagai manusia dan orang yang beragama Islam. Dua itu saja yang bisa saya teladani dari sosok beliau," ujar Ahmad Dhani dalam diskusi 'Aktualisasi Spirit Perjuangan Gus Dur' di DPP PKB, Jakarta, Selasa, 19 Juli 2011.

Dhani mengemukakan alasan sikapnya itu. "Karena agama saya Islam, lahir sebagai orang Islam, sehingga Gus Dur sebagai orang Islam adalah orang yang saya teladani. Menjadi pedoman buat saya disamping banyak pemikiran-pemikiran keislaman Gus Dur yang saya sependapat dan saya sukai," ucapnya.

Namun demikian, Dhani mengakui, tidak mungkin kesamaan pandangan dirinya dan Gus Dur bulat 100 persen. Dia menuturkan ada sekitar 10 persen perbedaannya dengan tokoh yang dikenal humoris itu.

"Dalam hal perempuan mungkin berbeda, itu manusiawi. Gus Dur suka perempuan yang begini, saya begini," katanya diiringi tawa hadirin.

Dhani melihat, sisi humoris Gus Dur, cara berpikir, dan kemanuasiaannya, harus dikembangkan menjadi sebuah prototipe, tantangan, sekaligus perjuangan. Bangsa Indonesia dan khususnya PKB, katanya, harus bisa menjadikan Gus Dur sebagai orang yang bisa dicontoh.

"Gus Dur hanya diapresiasi orang yang mengerti tentang kebangsaan, lebih banyak dikagumi di luar negeri daripada di dalam negeri. Kalau saya ditanya orang kenapa mengagumi Gus Dur, justru saya bertanya, kenapa ada manusia Indonesia yang tidak mengagumi Gus Dur?" ujarnya. (umi)

• VIVAnews

No comments:

Post a Comment