Wednesday, August 17, 2011

Figur Ketua KPK Ala Demokrat

Anggota Komisi Hukum DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Didi Irawadi Syamsuddin, menjagokan empat nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
KEEMPAT nama yang dianggap layak memimpin KPK ini adalah Bambang Widjajanto, Yunus Husein, Abraham Samad, dan Handoyo Sudradjat. Menurut Didi, mereka mencerminkan empat kriteria penting yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan KPK. "Bersih dari kasus hukum, bebas dari kepentingan, tegas, dan berani. Namun ini baru sekadar penilaian awal. Penilaian final tentunya setelah kami adakan uji kelayakan di DPR. Kami akan menilai sejauh mana program-programnya, komitmennya bisa meyakinkan kami sehubungan dengan perang terhadap koruptor ke depan," kata Didi, Rabu (17/8/2011).

Panitia Seleksi Pimpinan KPK pada Kamis ini menyerahkan delapan nama calon pimpinan KPK kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Delapan nama itu merupakan saringan dari 10 nama yang lolos dalam tahapan wawancara.

Kesepuluh nama tersebut adalah Abdullah Hehamahua, Adnan Pandu Praja, Abraham Samad, Eggi Sutjiati, Bambang Widjojanto, Yunus Husein, Handoyo Sudradjat, Zulkarnain, Sayid Fadhil, dan Aryanto Sutadi.

Calon pimpinan KPK, tambah Didi, harus inovatif dan memiliki strategi yang mumpuni dalam pemberantasan korupsi. "Harus ada inovasi dan strategi yang canggih dari mereka kalau ingin terpilih," kata anggota Komisi Hukum DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini.


Didi meminta pada KPK, agar memberikan perhatian khusus terhadap praktek mafia anggaran, baik di legislatif maupun di eksekutif. Selain itu, Ketua Departemen Pemberantasan Korupsi dan Mafia Hukum Partai Demokrat ini juga berharap KPK mengutamakan kasus korupsi besar.

"Koruptor pajak, illegal mining, illegal logging, illegal fishing, juga mafia anggaran adalah kejahatan extra ordinary crime yang harus jadi fokus utama. Juga terhadap kejahatan BLBI yang belum tuntas tidak boleh dilupakan," tandasnya.

sumber : monitorindonesia.com

No comments:

Post a Comment