Monday, August 29, 2011

Avip Priatna Gelar Konser 'American Rhapsody'

Konduktor Indonesia, Avip Priatna.  

VIVAnews – Konduktor muda Indonesia, Avip Priatna, akan menggelar konser bertajuk ‘An American Rhapsody’ dengan menampilkan ensembel vokal dari Batavia Madrigal Singers (BMS) diiringi oleh Jakarta Concert Orchestra (JCO) di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Minggu 17 April 2011.

Kenapa Avip mengambil tema ‘An American Rhapsody?’  “Karena Amerika Serikat adalah negara yang sangat mempengaruhi perkembangan musik di dunia, terutama musik abad 20, dari musik klasik sampai pop-jazz,” kata Avip dalam siaran pers yang diterima VIVANews, Jumat 8 April 2011.

Dalam konser ini, kata Avip, seluruh karya musik dibawakan secara kronologis, mulai dari karya-karya komposer Aaron Copland, George Gershwin, Leonard Bernstein, hingga nomor-nomor yang dipopulerkan ke seluruh dunia oleh Frank Sinatra, Barry Manilow, dan Manhattan Transfer.

Selain itu, akan dibawakan pula karya Gary Fry, komposer terkemuka Amerika yang mendapatkan banyak penghargaan – salah satunya adalah Emmy Awards – karena kemahirannya mengkombinasikan musik simfoni dengan musik komersial.

Konser ‘An American Rhapsody’ akan dibuka dengan karya Berstein Candide Overture, dilanjutkan dengan Tonight, Summertime, sampai pada lagu-lagu Java Jive, Route 66, Birdland, dan beberapa nomor lain yang dipopulerkan oleh kelompok vokal Manhattan Transfer.

Karya-karya tersebut akan dibawakan oleh 50 musisi Jakarta Concert Orchestra, 50 penyanyi Batavia Madrigal Singers, serta artis-artis lain seperti Lea Simanjuntak, Teddy Panelewen, Farman Purnama, dan Fitri Muliati.  Mereka akan tampil dengan gaya vokal mereka masing-masing

“Glenn Bagus, pianis lulusan Berklee School of Music dan Miami University, akan tampil menjadi solois pada piano, memainkan Rhapsody in Blue, karya legendaris George Gershwin,” papar Avip yang lulusan University of Music and Performing Art di Wina.

Saat ini Avip bekerja sebagai konduktor dan direktur musik Batavia Madrigal Singers (BMS) dan Jakarta Concert Orchestra (JCO) yang ia dirikan bersama Toeti Heraty Roosseno pada 2002.  Avip belajar choir conducting dari Prof. Gunther Theuring, dan belajar orchestral conducting dari dirigen terkenal Leopold Hager.

• VIVAnews

No comments:

Post a Comment