Friday, August 12, 2011

Disinilah, Nazaruddin Mendarat


Komisi Pemberantasan Korupsi masih merahasiakan lokasi pendaratan pesawat yang ditumpangi Muhammad Nazaruddin di Jakarta.

Wakil Ketua KPK Bibit Samad Rianto, Jumat (12/8/2011) di Jakarta, mengatakan bahwa selaku penanggung jawab pemulangan Nazaruddin, KPK bertanggung jawab atas keselamatan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat tersebut. Pengamanan itu antara lain dilakukan dengan memilih bandar udara yang tepat untuk pendaratan pesawat yang disewa menjemput Nazaruddin.

Sebelumnya sempat disebutkan bahwa pesawat Nazaruddin akan mendarat di Jakarta melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Begitu tiba di bandara, Nazaruddin akan langsung dibawa ke Gedung KPK di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

"Kami sudah rundingkan, (Nazaruddin) langsung ke KPK. Kami belum tahu (bandara mana). Kami cari yang paling aman," kata Bibit di Gedung KPK, Jumat sore.

Nazaruddin diterbangkan ke Jakarta dengan pesawat carter dari Bandara Eldorado, Bogota, sekitar pukul 17.00 waktu setempat atau Jumat pagi WIB. Ia diperkirakan tiba di Jakarta pada Sabtu besok. Perjalanan Jakarta-Bogota memakan waktu 28-30 jam.

Terkait pemulangan Nazaruddin itu, Bibit mengatakan bahwa KPK mengeluarkan biaya Rp 4 miliar untuk menjamin keamanan Nazaruddin. Biaya tersebut tidak hanya untuk menyewa pesawat, tetapi secara keseluruhan, mulai dari keberangkatan tim penjemput hingga pulang.

Ongkos pengamanan Nazaruddin tersebut, lanjut Bibit, dibebankan kepada pagu anggaran penindakan KPK. "Dari biaya APBN," katanya. Bibit juga menepis kekhawatiran akan adanya intervensi terhadap Nazaruddin selama berada di dalam pesawat menuju Jakarta.

sumber : kompas

No comments:

Post a Comment