Thursday, August 25, 2011

Impian Pemuda Desa Bertemu Irfan Bachdim

VIVAnews - Pesona Irfan Bachdim tampaknya ikut membius sutradara Hanung Bramantyo. Euforia sepak bola yang sempat tercipta beberapa bulan lalu barangkali ikut menginspirasinya hingga dia menciptakan 'Tendangan Dari Langit', film tentang olahraga pertama yang dibuat oleh Hanung.

'Tendangan Dari Langit' berkisah tentang Wahyu (Yosie Kristanto), anak SMA Desa Langitan yang biasa-biasa saja tapi berbakat luar biasa ketika kakinya menggiring bola. Bakatnya itu kemudian dilirik oleh Paklik Hasan (Agus Kuncoro), yang akhirnya menawari Wahyu untuk jadi pemain bayaran. Wahyu yang mengidolakan Irfan Bachdim itu, tentu saja tak menolak, selain bisa bermain bola, dia dibayar pula.

Mimpinya bermain satu tim dengan sang idola tinggal di depan mata manakala pelatih Timo melihat permainan bolanya. Tapi semudah itukah bersanding dengan pesepakbola sekelas Bachdim?

Seperti yang jamak terjadi di beberapa film, pasti ada konflik dalam tiap cerita. Bakat Wahyu itu tak direstui oleh bapaknya, Pak Darto (Sudjiwo Tejo), yang kesehariannya menjajakan minuman hangat di kawasan gunung Bromo. Jadilah remaja SMA itu kerap sembunyi-sembunyi ketika bermain bola.

Kekuatan dramatik yang dimiliki sang sutradara juga menjadi unsur utama film ini. Lihat saja adegan Wahyu yang dimarahi bapaknya lantaran ketahuan bertanding bola, atau saat Wahyu menangis gara-gara gagal lolos tes kesehatan. Hanung mengemas adegan itu dengan apik. Petuah-petuah yang keluar dari mulut Darto, terkesan filosofis namun mudah dicerna.

Lokasi pengambilan gambar yang dilakukan di Malang dan kawasan gunung Bromo memang memanjakan mata. Hanung tahu benar, bagaimana menyandingkan alur cerita yang sederhana di desa Langitan itu dengan visual yang 'wah'. Debu-debu Bromo dan kabut tipis menjadi pemanis di film berdurasi 117 menit itu.

Tak lengkap rasanya bila tak menyisipkan cinta. Wahyu naksir berat pada teman sekelasnya yang bernama Indah (Maudy Ayunda). Namun suatu kesalahan membuat Wahyu bimbang. Yang mana yang harus dia pilih? Cinta Indah atau cinta bola? "Cinta itu nyawiji. Kalau kamu cinta dua-duanya, kamu nglarani salah satunya," begitulah kira-kira nasihat yang diberikan Pak Darto ketika anak lelakinya bimbang.

Selain bintang-bintang di atas, film ini dibintangi oleh Tarzan, Toro Margens, Yati Surachman, Joshua Suherman, Giorgino Abraham dan Jordi Onsu. 'Tendangan Dari Langit' juga merupakan penampilan perdana dari pesepakbola Irfan Bachdim, Kim Kurniawan, Bima Sakti dan pelatih Timo Scheunemann atau yang biasa dipanggil Coach Timo.

Secara keseluruhan, film ini mampu membangkitkan euforia tersendiri. Kisah haru menjadi bumbu di film ini. Memang kamera tak banyak menyorot detil permainan sepak bola, pengambilan gambar lebih banyak dilakukan secara wide-angle.

Penataan gambar dilakukan oleh Faozan Rizal. Soundtrack film ini dibawakan oleh grup band Kotak. Sementara Zaskia Mecca ikut andil dalam pemilihan pemain.
Sudah siap menyaksikan 'Tendangan Dari Langit'? Film produksi Sinemart Pictures ini mulai tayang pada hari ini, 25 Agustus 2011 di seluruh bioskop kesayangan Anda!

• VIVAnews

No comments:

Post a Comment