Wednesday, November 10, 2010

SOEHARTO GUSDUR BUKAN PAHLAWAN NASIONAL ALASAN LOGIS J Leimena dan JA Dimara Pahlawan Nasional Baru

UPACARA PENGANUGRAHAN PAHLAWAN NASIONAL 2010 - Soeharto Gusdur Bukan Pahlawan Nasional Alasan Logis J Leimena dan JA Dimara Pahlawan Nasional Baru. Hanya dua tokoh yang dinyatakan sebagai pahlawan tahun ini, Johannes Leimena dan Abraham Dimara. Keduanya berasal dari Indonesia Timur. Baca Syarat Prasyarat Jadi Pahlawan Nasional Indonesia.

Penganugerahan gelar itu dilangsungkan Kamis ini, 11 November 2010 di Istana. Sementara, pemberian gelar ditetapkan sidang Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan pada 1 November 2010.

Sementara delapan nama lainnya, mantan Presiden Soeharto, mantan Gubernur DKI Ali Sadikin yang diusulkan dari Jawa Barat, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari Jawa Timur, Andi Depu dari Sulawesi Barat, Andi Makkasau dari Sulawesi Selatan, dan Pakubuwono X yang juga diusulkan dari Jawa Tengah -- dianggap belum memenuhi syarat.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto menjelaskan tak ada pertimbangan khusus mengapa dua tokoh Indonesia Timur yang dijadikan pahlawan.

"Tidak ada aspek apapun, kebetulan yang didiskusikan memang dua nama ini yang kita rekomendasikan," kata Djoko Suyanto usai melepas keberangkatan Presiden SBY dan rombongan ke Korea Selatan, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Kamis 11 November 2010.

Terkait nama-nama lain seperti Soeharto, Gus Dur, dan Ali Sadikin, Djoko Suyanto menjelaskan, mereka sudah memenuhi syarat umum dan khusus karena telah melewati penelitian Kementerian Sosial.

Tapi, "semua sepakat, yang diajukan Kemensos punya jasa besar. tapi ada penilaian lebih tajam yang jadi pertimbangan," kata Djoko.

Gelar pahlawan nasional, ujar Djoko, sangat mulia dan membanggakan, baik almarhum dan keluarga yang ditinggalkan.

"Karena itu pertimbangan publik, sosiologis, dan yang disampaikan masyarakat ke anggota dewan gelar juga jadi pertimbangan," dia menambahkan. detik.com

Soeharto dan Gusdur Bukan Pahlawan Nasional, Alasan Logis Soeharto dan Gusdur Tidak Jadi Pahlawan, J Leimena, JA Dimara, Pahlawan Nasional Baru, Pahlawan Indonesia, Daftar Nama Pahlawan Nasional Indonesia, Jasa Pahlawan Nasional

No comments:

Post a Comment