Friday, November 26, 2010

(FOTO) GUNUNG BROMO MELETUS MENGELUARKAN API Letusan Bromo Erupsi Bercampur Material Vulkanik

GAMBAR LETUSAN GUNUNG BROMO 2010 - (Foto) Gunung Bromo Meletus Mengeluarkan Api Letusan Bromo Erupsi Bercampur Material Vulkanik. Gunung Bromo yang belakangan ini aktivitasnya meninggi akhirnya mengeluarkan api. Sekitar pukul 17.00 WIB tadi, terjadi letusan kecil di gunung tereksotik di Pulau Jawa ini. Lihat Gunung Bromo Meletus Tanggal 26-11-10 Semburan Abu Vulkanik Bromo Mencapai 1 Km Sangat Dahsyat.

“Letutas kecil terjadi tadi sore. Saat ini erupsi yang keluar berupa api,” ujar petugas Pos Pantau Bromo, Ahmad Subhan, saat dikonfirmasi okezone, Jumat (26/11/2010).

Subhan menambahkan, saat ini aktivitas Gunung Bromo semakin meninggi, terlebih sejak siang tadi Bromo diguncang gempa vulkanik sebanyak 12 kali.

“Tremor terkecil tiga millimeter dan terbesar hingga 12 milimeter. Namun, radius aman tetap tiga kilometer. Kami masih terus memantau aktivitas Bromo,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui apakah ada evakuasi kepada warga atau tidak. Beredar kabar, pemerintah setempat saat ini masih menggelar pertemuan untuk membahas aktivitas Gunung Bromo.

Meski sama-sama gunung berapi, namun Bromo memiliki karekter berbeda dengan Gunung Merapi. Putu Artama, peneliti dari Pusat Kebumian dan Bencana Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) sempat menyatakan, saat meletus Gunung Bromo tidak sama dengan Merapi.

"Karakteristik Gunung Bromo merupkan low volcanic, tidak seperti Merapi yang high volcanic. Jika terjadi letusan, material yang dimuntahkan Bromo berupa pasir dan abu," terang Putu.

Bromo pernah meletus pada 1974. Letusan itu merupakan terdahsyat sepanjang sejarah Gunung Bromo, yakni radius 6-10 kilometer. Namun warga sekitar hanya menggunakan tudung untuk melindungi dari hujan abu. Jangan heran jika di sekitar Gunung Bromo ada lautan pasir. Pasir-pasir itulah hasil muntahan material gunung Bromo.

Dia menjelaskan, jika di Gunung Merapi ada awan panas atau wedhus gembel, Gunung Bromo yang bahaya adalah asap yang berwarna kekuning-kuningan yang berasal dari belerang. Sebab, asap ini dapat mengganggu pernapasan. okezone.com

Lihat kumpulan foto-foto Gunung Bromo meletus Jumat 26 Nopember 2010 jam 17.22-17.40

FOTO GUNUNG BROMO MELETUS ASAP HITAM TEBAL API SET1NGGI KM

GAMBAR GUNUNG BROMO SEBELUM MELETUS JUMAT 26/11/10

FOTO GUNUNG BROMO MELETUS MENGELUARKAN API DAHSYAT 26-11-10

GAMBAR LETUSAN GUNUNG BROMO TERBESAR 2010

Gunung Bromo, Gunung Bromo Meletus 26/11/10, Semburan Abu Vulkanik Gunung Bromo, Video Letusan Dahsyat Gunung Bromo 26 Oktober 2010, Youtube Gunung Bromo Meletus 26/11, Berita Terbaru Bromo, Asap Material Vulkanik Gunung Bromo, Erupsi Gunung Bromo

No comments:

Post a Comment