Friday, November 26, 2010

GUNUNG BROMO AKHIRNYA MELETUS 26-11-10 Semburan Abu Vulkanik 1 Km Sangat Dahsyat

FOTO GUNUNG BROMO MELETUS - Gunung Bromo Meletus Tanggal 26-11-10 Semburan Abu Vulkanik Bromo Mencapai 1 Km Sangat Dahsyat. Lihat Video Youtube Gunung Bromo Meletus Semburan Racun Belerang Vs Letusan Gunung Merapi Awan Panas Wedhus Gembel. Gunung Bromo di Jawa Timur yang berstatus awas meletus pada pukul 17.40, Jumat 26 November 2010. Asap tebal bercampur abu kehitaman mencapai ketinggian 600 meter - 1000 meter. Lihat juga Foto-foto Gunung Bromo Meletus NASA Gambar Bromo Dari Satelit NASA.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono mengatakan, letusan ini bersifat minor dan tidak disertai dentuman. "Material letusan berupa abu yang jatuh di sekitar kawah," kata Surono.

Saat ini gempa tremor terjadi terus menerus dengan amplituda rata-rata 15 milimeter.

Menurut petugas pengamatan di pos pantau di Desa Ngadisari, Sikapura, Probolinggo, Ahmad Subhan, mengatakan, gempa tremor hingga saat ini masih terjadi. "Penduduk di sekitar masih aman," katanya.

Bromo dinyatakan 'awas' sejak 23 Oktober 2010 lalu. Dosen Pasca Sarjana Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan peneliti di Pusat Studi Kebumian dan Bencana, Dr Putu Artama, mengatakan karakteristik Bromo berbeda dengan Merapi.

"Jika terjadi letusan, material yang dimuntahkan pasir dan abu dengan kisaran radius 6 sampai 10 kilometer," kata Putu.

Itu berbeda dengan material yang dimuntahkan Gunung Merapi berupa lava pijar dan bebatuan, juga awan panas 'wedhus gembel'.

Selain itu, Bromo juga terbentengi oleh lautan pasir. Topografi Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi. "Yang membayakan itu adanya semburan berwarna kekuningan, karena kandungan belerang yang banyak sangat berbahaya jika dihirup manusia," jelas Putu. vivanews.com

Gunung Bromo, Gunung Bromo Meletus, Gunung Bromo Meletus 26/11/10, Semburan Abu Vulkanik Gunung Bromo, Video Letusan Dahsyat Gunung Bromo 26 Oktober 2010, Youtube Gunung Bromo Meletus 26/11, Berita Terbaru Bromo, Asap Material Vulkanik Gunung Bromo

No comments:

Post a Comment