Monday, November 29, 2010

BENCANA BANJIR LAHAR DINGIN KALI CODE MERAPI Kondisi Terkini Kali Code

FOTO TRAGEDI BANJIR LAHAR KALI CODE JOGJA - Bencana Banjir Lahar Dingin Kali Code Gunung Merapi Kondisi Terkini Kali Code Yogyakarta. Banjir lahar yang terjadi di Kali Code yang membelah kota Yogyakarta ini terjadi sejak pukul 17.00 sore tadi. Hingga kini, banjir yang sudah mengggenangi sebagian rumah warga setinggi lutut ini masih terus terjadi. Lihat Kumpulan Foto Anak Krakatau Satelit NASA Terbaru Dari Luar Angkasa dan Daftar Lengkap Gunung Api Status Waspada Status Terbaru Gunung Anak Krakatau.

Dari hasil pengamatan di lokasi pada pukul 19.30 WIB, sebagian rumah warga yang terkena banjir lahar ini bahkan sudah terisi oleh material yang berupa pasir. Meski demikian sebagian besar warga yang tinggal di bantaran sungai tersebut masih enggan untuk mengungsi, tetapi ada juga beberapa warga yang sejak tadi sore langsung mengungsi ke tempat-tempat yang sudah ditentukan.

"Teman-teman belum pada mengungsi kok mas, jadi ya nunggu nanti saja bareng-bareng", ungkap salah sau warga code kepada detikcom, Senin (29/11/2010) malam.

Banjir lahar ini diperkirakan akibat terjadinya hujan dengan intensitas yang cukup tinggi di kawasan hulu Kali Code yang berada di lereng Merapi. Hasil pemantauan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, terjadi hujan lebat (48 mm/jam) di pos Ngepos pada pukul 14.55-17.25 WIB. Sedangkan dari Pos Jrakah, hujan teramati di pada pukul 10.50-11.05 WIB dengan intensitas sedang (12 mm/jam).

Di sisi lain, dalam keterangannya kepada wartawan di Media Center, Jl Kenari no 14A, Yogyakarta, Senin (29/11/2010), Kepala Bidang Pencegahan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana, Lilik Kurniawan telah mengimbau kepada seluruh warga bantaran Kali Code untuk tetap siaga.

"Saya sudah mengimbau kepada warga sekitar kali code untuk menjauhkan diri dari pinggiran kali code dan semua Camat, Ketua RW atau RT diminta untuk mengarahkan evakuasi warganya yang tinggal di sepanjang Kali Code", katanya.

Selain itu, Lilik juga menambahkan bahwa semua warga untuk menjauhi beberap jembatan yang dialiri lahar di kali Code tersebut.

"Hindari jembatan juga karena banjir lahar ini sangat berbahaya, karena tekanannya cukup tinggi dan membawa banyak material pasir", ungkap Lilik

Baca: Berita Terkini Gunung Bromo Bergemuruh Suara Proses Erupsi Saat Letusan Besar Bromo.

Dari hasil informasi terakhir yang diterima Medi Center, kawasan pemukiman di sekitar Jembatan Jambu di Jalan Jaminahan, air sudah memasuki rumah warga hingga setinggi lutut. Demikian pula pemukiman di Jalan Perahu, Kelurahan Kotabaru Kecamatan Gondokusuman, air Kali Code sudah meluap setinggi satu meter. detik.com

Gunung Merapi Meletus, Berita Terbaru Gunung Merapi, Bencana Banjir Lahar Dingin Kali Code, Video Banjir Lahar Dingin Kali Code, Youtube Lahar Dingin Gunung Merapi, Kondisi Terkini Kali Code, Korban Letusan Merapi Yogyakarta, Jumlah Korban Gunung Merapi Meletus 2010, Info Terakhir

No comments:

Post a Comment