Sunday, November 21, 2010

INSIDEN INTERNET CHINA VS PENTAGON Apa Itu Insiden Internet China di Pentagon?

Insiden Internet China Vs Pentagon Apa Itu Insiden Internet China Di Pentagon? Pada April 2010, Pentagon dan institusi militer serta pertahanan di Amerika Serikat mengalami insiden internet. Apa yang terjadi? Baca Stuxnet Virus Senjata Cyber War Sangat Berbahaya Virus Pemicu Perang Dunia Maya.

Insiden tersebut diakui terjadi pada 8 April 2010. Waktunya hanya sebentar saja, 18 menit, namun jadi sorotan komisi AS-China di DPR-nya Amerika.

Seperti apa insiden yang dimaksud? Selama 18 menit tersebut, semua akses internet dari institusi pertahanan dan militer AS dialirkan (re-route) melalui China.

Seperti dikutip dari Reuters, server yang terlibat dalam insiden ini menerima pesan bahwa jalur melalui China adalah yang paling dekat dan efektif.

Hal ini tentunya janggal mengingat China adalah wilayah yang terpisah samudera dengan AS. Untuk mencapai China bukan tidak mungkin koneksi internet harus melalui kabel bawah laut atau satelit.

Jalur yang digunakan itu adalah milik China Telecom, salah satu operator telekomunikasi terbesar di China. Perusahaan itu tadinya adalah milik pemerintah.

Diduga pesan itu merupakan sebuah kesalahan atau pesan palsu. Belum diketahui apakah munculnya pesan yang salah itu merupakan kesengajaan atau bukan.

China Telecom telah menegaskan bahwa kejadian itu bukanlah pembajakan akses internet AS oleh China. Di sisi lain, Komisi AS-China kerap menyebut insiden ini sebagai 'pembajakan' (hijacking). detik.com

Insiden Internet China, Insiden Internet China Vs Pentagon, Apa Itu Insiden Internet China Di Pentagon, Pentagon Dihack Cina, Hack Pentagon

No comments:

Post a Comment