Friday, November 12, 2010

INFO BI PASAR UANG TUNGGAL ASEAN Elemen Dasar Penerapan Pasar Tunggal di ASEAN

Info BI Pasar Uang Tunggal Asean Elemen Dasar Penerapan Pasar Tunggal di Kawasan ASEAN. Dalam menuju pasar uang tunggal di negara-negara anggota ASEAN, terdapat lima elemen pasar tunggal dan basis produksi internasional. Semua itu terintegrasikan menuju Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Cek Ketentuan BI Kartu ATM Debit Basis Chip Kewajiban Kartu ATM Debet Pakai Chip Tahun 2011 dan Cara Ujian SIM Motor Pakai Simulator Ujian Praktek SIM Motor Dengan Simulator Khusus.

Pasar tunggal ASEAN dan basis produksi sendiri dilakukan melalui proses liberalisasi pasar domestik terhadap lima elemen aliran bebas barang, jasa, investasi dan tenaga kerja, serta aliran modal yang lebih bebas.

Hal ini disampaikan Kepala Biro Kerjasama dan Studi ASEAN Detty H Agustiono saat menjadi pembicara di Seminar MEA 2015, Peluang dan Tantangan Bagi Perekonomian Indonesia, di Gedung Bank Indonesia, Batam.

"Pertama, aliran bebas barang yang dilakukan melalui penurunan tarif dan pengurangan hambatan perdagangan nontarif. Kedua, peningkatan akses pasar dan penerapan perlakuan nondiskriminasi antara pengusaha lokal dan asing akan mendorong aliran bebas jasa," bebernya.

Ketiga, adanya aliran bebas barang dan jasa lintas batas negara ASEAN akan meningkatkan efisiensi produksi dalam rangka rantai produksi global (global supply chain).

"Keempat, kondisi tersebut akan membuka peluang yang lebih besar bagi investasi lintas batas negara di dalam kawasan, sehingga ASEAN akan menjadi tujuan investasi yang menarik investor global maupun regional," katanya.

Kelima, kegiatan investasi yang berkembang pesat akan membutuhkan faktor-faktor produksi yang dipenuhi melalui pembebasan aliran tenaga kerja terampil lintas batas negara dan pembukaan aliran modal yang lebih bebas.

"Sebaliknya, produktivitas yang tinggi dari kegiatan investasi yang berkembang pesat juga akan meningkatkan arus barang dan jasa yang digunakan sebagai bahan baku ataupun produk akhir," tukasnya. okezone.com

Info BI, Bank Indonesia, Pasar Uang Tunggal, Pasar Uang Tunggal ASEAN, Elemen Dasar Pasar Tunggal ASEAN, Kawasan ASEAN, Aliran Bebas Pasar Uang Asean, Aliran Bebas Barang Jasa Investasi Tenaga Kerja Modal

No comments:

Post a Comment