Saturday, November 6, 2010

ABU VULKANIK JAKARTA AKIBAT LETUSAN GUNUNG MERAPI BERBAHAYA Asap Abu Vulkanik Membahayakan Penerbangan Internasional Jakarta

FOTO HUJAN VULKANIK GUNUNG MERAPI ABU VULKANIK JAKARTA BANDUNG BOGOR - Abu Vulkanik Jakarta Akibat Letusan Gunung Merapi Berbahaya. Dampak Asap dan Awan Abu Vulkanik Jakarta Membahayakan Penerbangan Internasional. JABOTABEK - Volcano ash atau abu vulkanik yang muncul dari erupsi Gunung Merapi pada Jumat (5/11), berdampak luas hingga menerpa dunia penerbangan dalam negeri. Setidaknya ada 17 maskapai penerbangan asing yang membatalkan penerbangannya ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Sebanyak 51 penerbangan in/out (datang dan pergi) batal di Cengkareng. Cek: Berita Terkini Hujan Abu Vulkanik Debu Merapi Mencapai Jakarta dan Info BMKG Asap dan Awan Abu Vulkanik Gunung Merapi Menutupi Bandara Jakarta Soekarno-Hatta, Cengkareng.

"Awalnya ada 17 maskapai asing yang dijadwalkan mendarat di Soekarno-Hatta, tapi akhirnya membatalkannya. Pembatalan mereka sejak siang tadi, kata General Manager Terminal II Bandara Soekarno-Hatta, Syaiful Bachri saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (6/11)

Menurutnya, alasan sejumlah maskapai asing memutuskan tidak berani mendarat di Soekarno-Hatta karena menerima informasi abu vulkanik Jakarta dari Australian Bureau of Meteorology. "Kemungkinan mereka menerima informasi dari sana. Kalau kita kan tidak pernah men-declare adanya volcano ash di Jakarta," ujar Syaiful.

Namun, ia memaparkan mulai pukul 19.00 WIB, tiga maskapai asing, yakni Korean Air, China Airlines dan Qatar Airways memutuskan masuk lagi ke Jakarta.

China Airlines memutuskan kembali mendarat di Soekarno-Hatta pada pukul 20.03 WIB. Disusul oleh Korean Air yang ikut kembali masuk Jakarta pada pukul 20.16 WIB. Termasuk juga, Qatar Airways yang juga memutuskan mendarat kembali di Soekarno-Hatta pada pukul 21.33 WIB.

"Ketiga maskapai asing itu memutuskan masuk kembali ke Soekarno-Hatta, tap yang lain masih cancel penerbangan mereka," ungkap Syaiful.

Dia menyebutkan nama-nama maskapai asing yang sejak siang tadi membatalkan penerbangan di Soekarno-Hatta, antara lain Singapore Airlines (SQ) yang sejak pukul 16.00 WIB membatalkan pendaratan di Jakarta. Selain itu, Japan Airlines (JAL) yang juga membatalkan masuk ke Jakarta pada pukul 17.20 WIB. "Bahkan Eva Air yang seharusnya masuk pada pukul 13.25 WIB, batal masuk," ujar Syaiful.

Ditambahkan oleh Airport Service Senior Manager Bandara Soekarno Hatta, Jaya Tahoma Sirait, menurutnya pembatalan penerbangan ini dilakukan maskapai secara sepihak. "Artinya Bandara Soekarno-Hatta tidak menutup bandara. Jadi, hanya masing-masing maskapai atau kebijakan mereka," katanya.

Jaya menyebutkan untuk hari ini tercatat sebanyak 215 penerbangan in/out (datang dan pergi) di Soekarno-Hatta. Dikarenakan adanya pembatalan secara sepihak, sekira 51 penerbangan in/out batal. "Tapi kalau untuk besok kelihatannya normal. Belum ada info pembatalan dari maskapai asing. Jadi, pembatalan baru untuk hari saja," ungkapnya. republika.co.id

Gunung Merapi, Kondisi Gunung Merapi Meletus, Abu Vulkanik Merapi, Asap Debu Vulkanik Gunung Merapi, Update Terakhir Merapi, Info BMKG Terkini, Berita Merapi Terbaru, Bahaya Abu Vulkanik Gunung Merapi, Asap Debu Abu Vulkanik Gunung Merapi Tutupi Awan Jakarta, Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Foto Awan Abu Vulkanik Jakarta Cengkareng, Jakarta Terkena Hujan Abu Vulkanik Merapi, Video Abu Vulkanik di Jakarta, Youtube Abu Vulkanik Menutupi Jakarta, Video Merapi Meletus Terbaru 2010, Free Download, Jalin Merapi, Abu Vulkanik Gunung Merapi Bandung Jawa Barat, Tasikmalaya Hujan Abu Merapi, Sukabumi, Bogor Asap Abu Merapi

No comments:

Post a Comment