Wednesday, August 18, 2010

PREDIKSI ARUS MUDIK LEBARAN 2010 Perkiraan Jumlah Pemudik 2010 Meningkat Tajam

INFO ARUS MUDIK LEBARAN 2010 TERKINI Prediksi arus mudik lebaran 2010 memuat perkiraan resmi jumlah pemudik jalur angkutan darat yang dipastikan meningkat sangat tajam. Kalau masalah keamanan tentunya tidak usah khawatir karena super sniper menjaga jalur mudik lebaran pantura selatan alternatif.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperdiksi adanya peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor pada arus mudik Lebaran 2010.

“Diperkirakan ada 3,6 juta motor yang digunakan untuk mudik. Ini mengalami kenaikan sebesar 14,9 persen dari tahun sebelumnya,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang Supriyadi Ervan.

Untuk mengantisipasi peningkatan volume ini, lanjut Bambang, pemerintah akan berupaya mengalihkan para pemudik motor ini ke angkutan umum. “Maksudnya, motor tetap dibawa menggunakan angkutan umum seperti kereta api dan kapal,” tambahnya.

Bambang menjelaskan, untuk kereta api sudah tersedia kapasitanya sepeda motor sebanyak 800 unit per hari yang terdiri dari 400 ke arah selatan dan 400 ke utara. Sedangkan untuk kapal bisa mengangkut 200 motor sekali trip, di Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Emas, dan Tanjung Perak.

Pemerintah, kata Bambang, juga menghimbau Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) agar menyediakan bus dan truk yang mengangkut motor. “Pastinya dengan harga khusus. Jadi, bus untuk mengangkut penumpang dan truk untuk mengangkut motor milik penumpang yang ingin dibawa mudik,” jelasnya.

Sementara untuk jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi, menurut Bambang, juga kemungkinan bakal mengalami kenaikan sebesar 4,6 persen dari tahun sebelumnya atau sebanyak 1, 373 juta unit. okezone.com



INFORMASI TERBARU KONDISI JALUR MUDIK LEBARAN 2010


Perkiraan arus mudik lebaran 2010 dan prediksi jalur mudik pantura jalur selatan dan alternatif.

No comments:

Post a Comment