Thursday, August 12, 2010

INFO MUDIK LEBARAN 2010 TERBARU Jalur Kendaraan Sepeda Motor Rawan Kecelekaan Saat MUDIK LEBARAN

MUDIK LEBARAN 2010 Informasi Terkini Pantura Jalur Selatan Alternatif Info terbaru mudik lebaran 2010 khususnya untuk jalur kendaraan sepeda motor ini harus diperhatikan karena menjadi peringatan bagi pengendara sepeda motor agar berhati-hati saat mudik lebaran dengan keluarga. Pulang kampung merupakan ajang silaturahmi namun jangan sampai memutuskan tali silaturahmi di antara sesama pengguna jalan. Setuju? Kalau ga punya motor dan pingin dapet tiket gratis mudik lebaran kereta pesawat dan bus dibaca ya informasinya di berita sebelumnya.

Jumlah pemudik yang menggunakan motor diperkirakan mencapai 6,3 juta orang. Berdasarkan prediksi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), jumlah pemudik tahun ini secara nasional mencapai 18 juta.

Sedangkan yang menggunakan motor saat mudik diperkirakan mencapai 35 persen atau sekira 6,3 juta orang. Ketua Umum MTI Danang Parikesit mengatakan, prediksi yang dibuatnya memang jauh lebih besar dari prediksi pemerintah yang memperkirakan jumlah pemudik hanya 15,5 juta orang.

Menurut dia, tahun lalu jumlah pemudik mencapai 14,6 juta. Sedangkan yang menggunakan motor sebanyak 35 persen atau sekira 4,38 juta orang. Padahal, saat itu pemerintah memprediksi jumlah pemudik yang menggunakan motor sebanyak 18 persen. Saat itu, MTI memprediksi jumlah pemudik yang menggunakan motor sebanyak 25 hingga 30 persen. Kenyataan di lapangan justru jumlah pemudik yang menggunakan motor mencapai 35 persen.

"Dari fakta-fakta itulah, kami berani memberikan angka prediksi yang lebih tinggi dari pemerintah," ujarnya,

Peta Mudik Lebaran 2010 Jalur Mudik Jawa Tengah Jawa Timur Jawa barat Wilayah IndonesiaTingginya jumlah pemudik lebaran yang menggunakan motor ini harus diantisipasi dengan baik. Sebab, resiko perjalanan yakni kecelakaan lalu lintas bakal meningkat. Pada tahun lalu, jumlah kecelakaan lalu lintas saat arus mudik dan arus mencapai 4.500 dengan korban meninggal sekira 800 orang. Sedangkan jumlah pelanggaran sebanyak 40.000 kasus.

"Kecelakaan lebih banyak pada saat arus balik, ini mungkin karena pengendara cape dan tenaganya terkuras. Untuk itu, petugas diperbanyak ketika arus balik. Selama ini, setiap arus balik jumlah petugas selalu berkurang," sarannya.

Berdasarkan analisa MTI, kecelakaan lebih banyak terjadi karena pengendara saling menyalip dan bersenggolan. Sementara, tabrakan dari arah berlawanan tergolong minim. MTI menilai, persiapan menghadapi mudik lebaran seharusnya dilakukan minimal enam bulan sebelum hari H.

Bahkan, kalau bisa setahun sebelumnya, yakni selepas arus balik, langsung dilakukan evaluasi dan mempersiapkan rencana mudik tahun berikutnya.

"Tahun ini baru dipersiapkan dua bulan sebelum hari H. Tapi, ini sudah ada kemajuan dari tahun sebelumnya yang hanya dipersiapkan sebulan sebelum hari H. Itupun, setelah MTI memberikan masukan-masukan," pungkasnya.

Peta Jalur Mudik Lebaran 2010 Jawa Tengah SPBU ATMAlasan pemudik menggunakan motor karena dinilai lebih murah dan mudah. Selain itu, sarana transportasi umum tidak memadai ketika arus mudik Lebaran. Karena itulah, yang terpenting dilakukan adalah penyediaan angkutan umum yang murah, nyaman, dan aman sehingga pemudik tak lagi menggunakan motor.


Sementara itu, Ketua Forum Perkeretaapian MTI Djoko Setijowarno mengatakan, salah satu cara untuk mengurangi penggunaan motor saat mudik adalah penyediaan rangkaian kereta api. Menurut dia, berdasarkan hasil survei masyarakat menilai kereta api merupakan moda tranportasi yang paling aman untuk mudik Lebaran.

"Tiga tahun pelaksanaan mudik tidak pernah ada kereta anjlok. Saya harap prestasi ini dipertahankan, meskipun belakangan ini banyak kasus kereta anjlok," ujar Djoko.

Namun, lanjutnya, harapan masyarakat tersebut seringkali terkendala ketersediaan armada kereta api. Sebab, menjelang lebaran biasanya lebih diprioritaskan kereta api kelas binis dan eksekutif. Sementara untuk jalur kereta api double track belum sepenuhnya tersambung.

"Akibatnya, perjalanan kereta api tersendat," tandasnya.

Selama ini untuk mengangkut penumpang, PT KAI sudah menyiapkan kereta barang. Namun, berdasarkan evaluasi keberadaan kereta barang tersebut belum maksimal karena tidak dilengkapi toilet. Untuk itu, pihaknya menyarankan agar kereta barang tersebut dilengkapi tolilet portable, yakni WC yang dapat dibongkar pasang dalam waktu singkat.

"Memang tahun lalu kereta barang yang mengangkut penumpang berhenti di sejumlah stasiun kecil untuk member kesempatan kepada penumpang buang air. Tapi itu tak efektif, sebab jumlah toilet di stasiun tidak seimbang dengan ribuan penumpang. Akibatnya, penumpang melakukan langkah darurat dengan buang air di dekat tembok, baik laki maupun perempuan. Kalau seperti itu kejadiannya, sangat kasihan," keluhnya.

Sekjen MTI Ellen Tangkudung meminta aparat besikap tegas menegakkan aturan keselamatan bagi pengemudi motor dan bus antar kota. Menurut dia, aspek keselamatan merupakan yang terpenting dalam pelayanan arus mudik dan arus balik.

"Apapun alasannya, keselamatan pemudik harus diutamakan," ungkapnya. okezone.com

mudik lebaran, info mudik lebaran 2010, berita mudik lebaran terbaru, kondisi jalur pantura 2010, kesiapan jalur selatan buat mudik, jalur mudik alternatif, peta mudik lebaran 2010, jalur mudik lebaran 2010, free download gratis

No comments:

Post a Comment