Monday, August 9, 2010

HARI PERTAMA AWAL PUASA 1 RAMADHAN 1431H 11 Agustus 2010 Resmi DEPAG

PENETAPAN Awal Puasa 1431H Hari Pertama Ramadhan 2010Pengumuman resmi pemerintah kapan hari pertama puasa 2010 awal 1 Ramadhan 1431H adalah tanggal 11 agustus 2010. Ketetapan Menteri Agama awal Puasa Ramadhan, dalam hal ini Departemen Agama (Depag), akan sama dengan penetapan versi Muhammadiyah dan NU. Bila tidak ada perubahan dan halangan ya. Perlu disimak pula metode penentuan awal ramadhan menggunakan metode Hisbat Rukyat dan Stellirium.

Pemerintah melalui Departemen Agama sore nanti baru akan melakukan sidang itsbat untuk menentukan awal bulan Ramadan.

Meski keputusannya baru sore nanti, namun diperkirakan awal bulan Ramadan yang ditetapkan pemerintah sama dengan yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Muhammadiyah, yakni 11 Agustus.

"Jadi ini problemnya ketinggian bulan kurang dari 3 derajat. Kalau mengharuskan wujudul hilal (bulan terlihat), maka akan memutuskan Rabu besok awal Ramadan," kata peneliti utama Astronomi-Astrofisika LAPAN Thomas Djamaluddin saat dihubungi detikcom, Selasa (10/8/2010).

Tapi, karena ada juga ulama yang mengharuskan bukti rukyat (melihat) bulan secara langsung, maka mau tak mau harus tampak bulan terlebih dahulu untuk menentukan awal Ramadan.

"Sedangkan kondisi bulan masih rendah kurang dari 3 derajat. Secara astronomi rendah, cuaca kemarau basah kemungkinan banyak awan dan hujan, maka ada potensi rukyat tidak terlihat," papar Thomas.

Nah, biasanya untuk mengatasi masalah ini, para ulama biasanya berpendapat agar digenapkan bulan sya'ban menjadi 30 hari.

"Kemungkinan akan menimbulkan pendapat bulan Syaban digenapkan 30 hari. Berarti awal Ramadan 12 Agustus," imbuhnya.

Putusan akhirnya apakah awal Ramadan 11 atau 12 Agustus baru akan diputuskan nanti sore setelah sidang itsbat. "Tunggu saja sidang itsbat, karena dalam sidang tersebut banyak masukan dari para ulama, pakar astronomi dan ilmu falakh," ujarnya.

Tapi, menurut Thomas, kemungkinan besar awal Ramadan akan mengarah ke tanggal 11 Agustus.

"Karena pada dasarnya ketinggian bulan meski masih rendah, tapi tetap pada kriteria yang dipakai di Indonesia, ada kemungkinan itu bisa jadi dasar untuk memutuskan awal Ramadan tanggal 11 Agustus. Tetapi tetap keputusan akhirnya pada Menag setelah mendengar berbagai pendapat," urainya. detik.com

Sebaiknya mulai disiapkan ya sms ucapan selamat puasa 2010 sambut ramadhan 1431H.

hari pertama puasa, awal 1 ramadhan, awal puasa ramadhan 2010, keputusan pemerintah awal puasa, ketetapan menteri agama 1 ramadhan 1431h, metode penentuan awal puasa, metode hisab matematika, apa itu hilal dan bagaimana cara melihat bulan, aplikasi komputer untuk menentukan hari awal puasa, download gratis aplikasi ramadhan, tips sehat puasa ramadan

No comments:

Post a Comment