Monday, August 16, 2010

MAKNA KATA-KATA RAMADHAN INDAH SELAMAT PUASA Memaknai Kata-kata Indah Menjelang Puasa

MAKNA KATA-KATA RAMADHAN Ucapan Selamat Lebaran Makna kata-kata indah Puasa Ramadhan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa. Menarik untuk diresapi apa makna di balik kata ucapan Ramadhan dari sahabat dan handai tolan. Ternyata kata-kata Ramadhan memiliki arti yang dalam ya.

Silahkan dibaca tulisan yang menarik berikut ini.

*****

Menjelang dan awal Ramadhan, saya menerima pesan singkat (SMS) dari ratusan sahabat.

Seluruhnya berisi ucapan selamat menunaikan ibadah puasa yang dirangkum dengan kata-kata yang indah. Di antara pesan singkat yang sangat indah itu dikirim pimpinan saya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo, Semarang.

Sebagian isinya sebagai berikut, "Ya Allah, jika saudaraku yang baik ini sedang tidur, jagalah tidurnya. Jika sedang beribadah, terimalah ibadahnya. Jika sedang berdoa, kabulkanlah doanya. Jika sedang bekerja, ringankanlah pekerjaannya. Jika sedang usaha, hasilkanlah usahanya. Jika sedang sakit, sembuhkanlah. Jika sedang susah, gembirakanlah. Jika sedang malas, gugahlah agar ia rajin. Jika sedang musafir, selamatkanlah. Jika sedang cemas, anugerahilah rasa aman. Jika sedang khilaf, sayangi dan ampuni. Jika sedang lupa, ingatkanlah dan maafkanlah dia."

Tutur kata yang baik adalah peradaban surga (Qs. 19, Maryam: 62; Qs. 56, al-Waqiah: 25). Islam mengajarkan kepada pemeluknya agar bertutur kata yang benar, lembut dan santun. ”Tutur kata yang baik dan memaafkan, lebih utama dari sedekah yang diiringi caci maki yang menyakitkan hati...", (Qs. 2, al-Baqarah: 263).

Nabi Muhammad bersabda, ”Barangsiapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, hendaklah ia bertutur kata yang indah, atau (jika tidak), sebaiknya diam.” Demi menaklukkan hati Fir’aun, penguasa yang bengis dan sadis, Allah memerintahkan kepada Nabi Musa agar bertutur kata yang lembut dan santun (qaula layyina) (Qs. 20, Thaha: 44).

Siapapun tentu senang dan tenteram mendengar tutur kata yang indah. Tapi, sebagian dari kita tidak terbiasa berkata benar, bertutur lembut dan santun. Puasa mendidik kita agar tidak mengumbar amarah dan gemar bertutur kasar. Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Oleh Dr Abdul Mu'ti (Penulis adalah Sekretaris PP Muhammadiyah - rakyatmerdeka)

Kata-kata Ramadhan Ucapan selamat menjalankan puasa Ramadhan sambut Lebaran.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment