Monday, August 9, 2010

PENENTUAN AWAL RAMADHAN METODE HISAB RUKYAT ASTRONOMI Melihat Awal Ramadhan dengan Stellarium Aplikasi Komputer

Cara Menentukan Awal Puasa Ramadhan Hisab Rukyat Metode Stellarium Aplikasi Komputer Dalam menentukan awal puasa 1 Ramadhan terdapat tiga metode akurat yaitu Metode Hisab (perhitungan matematika astronomi), metode rukyat (melihat bulan baru) dan metode aplikasi Stellarium (aplikasi komputer ilustrasi astronomi). Pemerintah (Menag) menetapkan tanggal awal ramadan biasanya menggunakan kombinasi hisab dan rukyat. Aplikasi Stellarium sepertinya baru aja tahu ya. Lihat juga artikel sebelumnya ketetapan pemerintah awal puasa 2010 1 ramadhan 1431H dan silahkan download aplikasi blackberry ramadhan jadwal imsakiyah pedoman puasa.

Kaum Muslim di seluruh dunia bakal menjalani salah satu rukun Islam yakni berpuasa di bulan Ramadhan. Namun, penentuan 1 Ramadhan membutuhkan perhitungan matang dan akurat.

Hal itu disebabkan kalender Islam (Qomariyah) merujuk pada perputaran bulan sedangkan perhitungan kalender masehi, kalender yang digunakan di Indonesia merujuk pada perputaran matahari (Syamsiyah). Sebabnya, penentuan 1 Ramadhan harus didahului dengan memastikan apakah bulan baru telah muncul di ufuk timur atau dalam ajaran Islam disebut (hilal).

Di Indonesia, terdapat dua metode yang dipergunakan dalam penetapan awal puasa ramadhan. Metode pertama dikenal dengan istilah rukyat. Metode ini menggunakan pandangan mata apakah bulan baru telah muncul saat maghbrib atau tidak.

Metode kedua dikenal dengan istilah hisab. Metode hisab menentukan 1 Ramadhan dengan perhitungan matematika astronomi. Kedua metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi masyarakat awam yang ingin mengetahui jatuhnya 1 Ramadhan mungkin bakal kesulitan menggunakan kedua metode ini.

Tapi jangan khawatir, bagi masyarakat awam yang ingin mengetahui kapan 1 Ramadhan tiba bisa mencoba aplikasi Stellarium. Stellarium merupakan aplikasi yang sejatinya adalah planetarium dalam bentuk program komputer. Dari aplikasi ini, masyarakat bisa melihat ilustrasi astronomi dengan perhitungan kordinat bumi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Pertama, tentukan dulu lokasi dimana anda berada. Setelah itu buka menu bar yang berada di sebelah kiri. Untuk mengetahui tanggal berapa 1 Ramadhan, anda cukup melihat tanggal berapa dalam kalendar masehi berposisi warna merah atau 1 Syawal. Setelah itu hitung mundur 30 hari dari tanggal tersebut. Selanjutnya, masukan hari yang dimaksud.

Usai memasukan tanggal hitung mundur tersebut lalu dicek apakah bulan sudah muncul disaat maghrib tiba. Jika belum, maka hari itu bukanlah 1 Ramadhan. Sebagai langlah lanjutan, anda coba hari berikutnya, bila terdapat bulan saat magrib tiba maka bisa dipastikan hari itulah 1 Ramadhan. Perlu diperhatikan, tingkat akurasi aplikasi ini memang belum bisa dipertanggungjawabkan. Karena itu, posisi aplikasi ini hanya sebatas memberikan gambaran kapan 1 Ramadhan tiba. Meski demikian, bagi yang ingin coba mengetahui kapan jatuhnya 1 Ramadhan bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di http://www.stellarium.org/. republika.com.

awal 1 ramadhan, awal puasa ramadhan, metode penentuan awal puasa, metode hisab matematika, apa itu hilal dan bagaimana cara melihat bulan, aplikasi komputer untuk menentukan hari awal puasa, download gratis aplikasi ramadhan, tips sehat puasa ramadan

No comments:

Post a Comment