Wednesday, October 14, 2009

KLASMEN AKHIR Kualifikasi Piala Dunia ZONA EROPA 2009: Daftar Negara Yang Otomatis Lolos Harus Play-Off dan Tersingkir! WORLD CUP 2010 SOUTH AFRICA!

Foto Gambar Daftar List Klasmen Akhir Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa 2009 Photo Daftar List Negara Yang Otomatis Lolos Harus Play-Off dan Yang Tersingkir
Klasmen akhir kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa 2009 menjawab pertanyaan siapakah yang tersingkir dari Road To World CUp 2010 South Africa. Disertai daftar list negara yang otomatis lolos, tersingkir dah siap menghadapi play-off.

Apakah Argentina dan Portugal yang sempat khawatir tidak mendapat tiket akhirnya dapat lolos? Sangat menarik untuk disimak karena drama penyisihan yang diputar selama kualifikasi Piala Dunia 2010 semakin membuktikan bahwa bola itu bundar! Tim yang dianggap superior dan bertabur bintang kelas dunia ternyata justru kedodoran. Bahkan mantan juara Perancis harus tertatih-tatih dan merendahkan diri untuk bermain dibabak play-off agar dapat mengecap nikmatnya bermain di lapangan hijau Afrika Selatan dan ditonton miliaran mata di ajang World Cup 2010

Berikut ini daftar negara yang lolos, harus playoff dan tersingkir di klasmen akhir Zona Eropa 2009 kualifikasi Piala Dunia 2010

Posisi Akhir Zona Eropa Kualifikasi Piala Dunia

Sejak dimulai pada 6 September 2008, perjalanan kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Eropa akhirnya sampai di ujung. Siapa-siapa yang lolos langsung dan siapa yang ke play-off?

Grup 9 adalah grup pertama yang menelurkan wakil pertamanya untuk lolos ke Afrika Selatan tahun depan, yakni Belanda. Runner-up grup, Norwegia, gagal meraih tiket play-off karena koefisiennya kalah dari delapan runner-up grup lainnya.

Di Grup 1, Denmark sudah dipastikan lolos ke Afrika Selatan pada matchday kesembilan. Meski kalah dari Hongaria di pertandingan terakhir, posisi tim 'Dinamit' tak tergoyahkan.

Portugal yang sempat berada di ujung tanduk akhirnya bisa bernafas lega, meski belum tenang sepenuhnya. Berkat kemenangan atas Malta, Seleccao pun berhak untuk menapaki fase play-off.

Keberhasilan Portugal membekap Malta membuat dua negara pesaingnya, Swedia dan Hongaria, gigit jari. Pasalnya, kemenangan keduanya atas lawan masing-masing menjadi tak berpengaruh.

Grup 2 adalah satu dari dua grup yang penentuan siapa wakilnya yang lolos langsung harus dilakukan di pertandingan terakhir. Akhirnya, Swiss berhak terbang ke Afsel meski ditahan seri Israel.

Untuk jatah play-off jadi milik Yunani yang di laga terakhirnya menundukkan Luksemburg. Latvia, meski juga menang atas Moldova, harus puas berada di peringkat tiga.

Slovakia menemani Yunani sebagai dua negara peraih tiket otomatis terakhir. Keberhasilan tim asuhan Vladimir Weiss menaklukkan Polandia di laga pamungkas Grup 3 menghantar mereka lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama semenjak menjadi negara mandiri pasca bubarnya Cekoslovakia.

Kemenangan Slovakia menutup kans Slovenia untuk lolos langsung meski pecahan Yugoslavia itu sukses melabrak San Marino. Walau begitu, Slovenia tetap berpeluang lolos meski harus melalui play-off.

Jerman dan Rusia sudah tidak memiliki kepentingan apa pun di pertandingan terakhir Grup 4. Jerman nyaris kalah dari Finlandia sebelum berhasil memaksakan skor 1-1, sedangkan Rusia diimbangi Azerbaijan 1-1.

Spanyol menjadi satu-satunya tim di zona Eropa yang memborong kemenangan dari 10 pertandingan yang dilakoninya di Grup 5. Di partai terakhir yang tak lagi menentukan, Matador yang telah lolos menundukkan Bosnia Herzegovina yang telah meraih tiket play-off.

Kroasia gagal meraih tiket play-off dari Grup 6 walau menang atas Kazakhstan. Sebabnya, di tempat lain Ukraina juga membantai Andorra 6-0. Sedangkan Inggris yang telah mendapat tiket otomatis mengatasi Belarusia.

Di Grup 7, Prancis tampil apik di laga pamungkasnya dengan menundukkan Austria. Di tempat lain, Serbia dipecundangi Lithuania. Namun posisi Serbia sebagai pemilik tiket otomatis dan Prancis selaku wakil ke play-off tak berubah.

Dari Grup 8, Italia secara dramatis mengatasi Siprus dan menghindarkan diri dari kekalahan pertamanya. Azzurri tetap lolos otomatis dan Irlandia yang di laga penutup ditahan Montenegro juga masih mendekap jatah play-off erat-erat.

Fase play-off
Delapan negara yang maju ke fase play-off akan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok unggulan dan bukan ungulan, berdasar peringkat FIFA terbaru mereka. Tim dari kelompok unggulan akan bertemu tim dari kelompok non unggulan.

Undian partai play-off akan dilakukan di markas FIFA di Zurich pada 19 Oktober. Play-off akan dilakukan dengan sitem home and away pada 14 dan 18 November 2009.

Lolos otomatis:
1. Denmark
2. Swiss
3. Slovakia
4. Jerman
5. Spanyol
6. Inggris
7. Serbia
8. Italia
9. Belanda

Ke play-off
1. Portugal
2. Yunani
3. Slovenia
4. Rusia
5. Bosnia Herzegovina
6. Ukraina
7. Prancis
8. Irlandia

detiksport

No comments:

Post a Comment