Monday, January 17, 2011

GREATER JAKARTA SBY KONSEP MEGAPOLITAN Pemindahan Pusat Pemerintahan 2015 Oleh Presiden SBY

The Greater Jakarta Pengembangan Kawasan DKI Jakarta Greater Jakarta SBY Konsep Megapolitan Pemindahan Pusat Pemerintahan 2015 Oleh Presiden SBY. Jakarta - Konsep Greater Jakarta yang dimunculkan oleh Presiden SBY mirip dengan konsep Megapolitan yang pernah dikeluarkan oleh Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Konsep ini rencananya akan membuat pusat pemerintahan meluas hingga Sukabumi dan Purwakarta. Lihat Wacana Ibukota Negara Indonesia Pindah Ke Surabaya Vs Jakarta Jonggol Karawang Tidak Memadai Jadi Ibukota.

Hal ini disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (17/1/2011).

Menurut Armida, lembaganya sampai saat ini masih terus mengkaji rencana untuk memperluas pengembangan kawasan DKI Jakarta. Pihaknya juga masih memperdalam konsep Greater Jakarta tersebut apakah nanti di dalamnya termasuk rencana pemindahan pemerintahan dari Ibukota Jakarta ke kota lain.

Dalam pengembangan ide tersebut, Armida menyatakan masalah yurisdiksi juga harus diselesaikan oleh semua pihak yang wilayahnya masuk dalam bagian program Greater Jakarta.

"Ada peraturan presidennya, ini masih dikaji," ujarnya.

Armida menjelaskan Greater Jakarta adalah konsep pengembangan dan pengelolaan daerah Jakarta yang saat ini sulit untuk mengatasi masalah transportasi dan kemacetan.

Dikatakan Armida, masih terlalu dini untuk menjabarkan sumber pembiayaan guna merealisasikan konsep tersebut. Karena Greater Jakarta merupakan konsep dan program jangka panjang yang bakal diusung pemerintah.

"Ini masih dikaji, pembiayaan juga masih dikaji, ini kan jangka panjang," pungkasnya.

SBY mengungkapkan gagasannya tentang wacana The Greater Jakarta saat bertemu dengan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Profesor Akhmaloka dkk di Istana Negara, 11 Januari 2011 yang lalu.

SBY menyampaikan perlunya pemindahan pusat pemerintahan tersebut, namun belum menjelaskan secara detil. SBY memberi ancang-ancang konsep itu akan mulai direalisasikan pada 2015 mendatang. detik.com

Greater Jakarta, The Greater Jakarta, Apa Itu The Greater Jakarta, Greater Jakarta Sby Konsep Megapolitan, Pemindahan Pusat Pemerintahan 2015, Ibukota Indonesia Pindah, Kenapa Ibukota Negara Dipindahkan, Presiden SBY, Pidato SBY 2011

No comments:

Post a Comment