Tuesday, September 7, 2010

TIPS MUDIK SEPEDA MOTOR Hindari Sweeping Polisi Kendaraan Roda Dua Di Check Point

KIAT MUDIK LEBARAN NAIK MOTOR - Baca tips mudik pakai sepeda motor ini untuk menghindari sweeping polisi kendaraan roda dua. Ternyata mengakali aturan mudik lebaran sepeda motor sangatlah mudah dan anti sweeping :)

Lolosnya sejumlah pengendara sepeda motor yang melebihi muatan atau berpenumpang lebih dari satu orang dikarenakan mereka sudah mengetahui adanya check point dan memilih menghindar melalui jalur alternatif yang tidak dijaga petugas menghindari sweeping.

Hal itu dikatakan Kepala Sub Bagian Tugas Check Point Direktorat Lalu-lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Adhie Santika. "Kita sudah lakukan sosialisasi sebelumnya, kita juga sudah menempatkan spanduk atau informasi akan ada check point beberapa ratus meter ke depan. Mungkin di antara pengendara motor ada yang menyiasatinya dan menghindar memilih jalan lain," ujarnya di Jakarta.

Adhie menguraikan penyiasatan yang dimaksud yakni dengan menurunkan muatan beserta penumpang yang berlebih di jalan sebelum ada check point, lalu penumpang tersebut beserta muatan barang yang berlebih dibawa menggunakan angkutan umum melewati titik check point. "Kemudian, di suatu tempat yang sudah dijanjikan mereka bertemu dan kembali menaiki motor dengan muatan lebih," ungkapnya.

Selain menyiasati demikian, terkadang pemudik bersepeda motor juga memilih jalan lain yang tidak ada titik check point. Hal itu dikarenakan titik check point hanya berada di jalan-jalan raya yang kerap digunakan lintas propinsi, namun tidak ada di jalan-jalan kecil.

Adhie menolak ada keterbatasan anggota dalam melakukan penindakan terhadap pemudik bersepeda motor. Ia menerangkan bahwa dalam setiap check point ada sekitar 10 sampai 15 anggota polisi yang berjaga, bahkan untuk check point besar seperti di jalan raya Lemah Abang, Cikarang, Bekasi mencapai 40 anggota.

Selain itu, Adhie mengaku tidak dapat memaksa semua pemudik bersepeda motor bisa terkena sweeping filtering saat check point. Meski begitu, dirinya mencatat sudah ada 90 pengendara sepeda motor yang ditilang. "Rata-rata ditilang karena melebihi muatan, ada juga yang dokumennya tidak lengkap," pungkasnya. media indonesia.

Bagaimana? Ternyata mudah ya tips mudik lebaran kendaraan roda dua hindari sweeping polisi pengguna sepeda motor.

No comments:

Post a Comment