Tuesday, September 21, 2010

LIGA PRIMER INDONESIA SISTEM LPI Liga Primer Indonesia Kompetisi Tanpa Degradasi

LIGA PRIMER INDONESIA LPI SISTEM KOMPETISI - Liga Primer Indonesia Sistem Kompetisi Tanpa Degradasi. Liga Primer Indonesia (LPI) merupakan sebuah kompetisi yang digagas pengusaha nasional Arifin Panigoro di Jakarta dan rencananya diikuti 15 Klub sepakbola Indonesia. Liga Primer diisukan sebagai tandingan sistem kompetisi resmi Liga Super Indonesia (LSI) yang disponsori PT Djarum. LPI akan menjadi sistem kompetisi yang sangat profesional dan diharakan akan menjadi "obat" untuk penyakit kronis sepakbola di tanah air. Semoga. Baca berita sepakbola manca negara aksi bersejarah Berbatov cetak hatrik saat MU vs Liverpool.

Liga Primer Indonesia yang akan digelar Oktober nanti belum menggunakan sistem degradrasi seperti kompetisi Liga Super Indonesia. Liga Primer akan memfokuskan pada kemandirian finansial dan pengelolaan klub secara profesional sebelum menetapkan strata kompetisi yang ada di bawah mereka sebagai bagian dari sistem promosi-degradasi.

"Ini Liga Primer perdana dan kami masih berkonsentrasi agar klub-klub itu punya tren positif dalam pengelolaan tim terutama finansial. Setelah program agar klub mandiri berhasil, kami akan segera bentuk kompetisi di bawah Liga Primer. Tapi sekarang Liga Primer Indonesia berjalan tanpa sistem degradasi," kata Arya Abhiseka, salah satu penggagas terbentuknya Liga Primer.

Menurut Arya, pengelola Liga Primer tidak akan memaksakan sistem promosi-degradasi harus diterapkan seperti yang ada pada Liga Super. Arya mengatakan sistem itu tergantung pada kesiapan manajemen dan finansial tim serta kesepakatan dengan sponsor Liga Primer.

"Kalau klub ternyata belum sepenuhnya profesional, sistem promosi-degradasi sulit dilakukan dan Liga Primer akan kesulitan dapat sponsor," katanya.

Kompetisi tanpa promosi-degradasi, menurut Arya, tetap bisa berjalan lancar di Liga Primer. "Liga Jepang pada awalnya berjalan tanpa sistem promosi-degradasi selama beberapa tahun karena mereka mempersiapkan klub agar mandiri. Sekarang klub-klub di Jepang sudah profesional dan kompetisi tidak ada masalah. Di Liga Primer sama saja, belum ada degradasi jika tim belum mandiri."

Berbeda dengan Liga Primer, Badan Liga Indonesia sudah menerapkan sistem promosi-degradasi pada Liga Super kompetisi dibawahnya yaitu Divisi Utama. Liga Super saat ini diikuti oleh 18 klub dan tiga tim peringkat terbawah pada klasemen di akhir musim kompetisi akan terkena degradasi dan digantikan oleh tiga tim teratas dari Divisi Utama. Ada pun klub peringkat ke-15 di Liga Super harus bertanding dengan peringkat ke-4 Divisi Utama memperebutkan satu tiket tersisa di kompetisi musim berikutnya.

Liga Primer Indonesia sebenarnya mendapat tentangan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia yang hanya mengakui Liga Super sebagai kompetisi sah di negeri ini. Ketua PSSI, Nurdin Halid, mengatakan Liga Primer adalah kompetisi ilegal. "Kami akan ambil tindakan tegas kepada siapa pun yang terlibat di Liga Primer baik klub maupun pemain," katanya.

Meski ditentang PSSI, Arya menyatakan Liga Primer akan dimulai sesuai jadwal yang sudah dibuat. Mereka sudah mengantongi nama-nama klub yang menyatakan siap bergabung. "Soal nama klub mana yang ikut, nanti akan kami umumkan. Yang jelas, Liga Primer on schedule dan kami juga sudah mendapat lampu hijau dari kepolisian untuk menyelenggarakan kompetisi ini." Tempo Interaktif.

FOTO PERTANDINGAN LIGA PRIMER INDONESIA LPI

liga primer indonesia, sistem liga primer indonesia lpi, daftar tim peserta liga primer indonesia, klub peserta lpi, susunan pemain liga primer indonesia, jadwal liga primer indonesia 2010/2011

No comments:

Post a Comment