Wednesday, September 22, 2010

JAKARTA TENGGELAM TAHUN 2030 Master Plan Jakarta Ungkap Fakta Sebenarnya

FOTO JAKARTA TENGGELAM TAHUN 2030 - Jakarta Pasti Tenggelam Tahun 2030. Fakta ini terungkap di master plan kota Jakarta berisi tata ruang dan komposisi daerah resapan air yang semakin tergerus. Dan yang mempercepat proses tenggelamnya kota Jakarta 2030 ternyata adalah reklamasi Pantai Utara Jakarta. Ironis sekali karena ini megaproyek kebanggaan DKI Jakarta. Baca juga pernyataan resmi Walhi tentang prediksi kota Jakarta tenggelam pada tahun 2030. Tak perlu bertanya lagi benarkah jakarta akan tenggelam karena ini adalah fakta yang terungkap. Sudah direncanakan! So Waspadalah!

Kekhawatiran Jakarta tenggelam pada 2030 bukan isapan jempol. Jika tak ditolong dari sekarang, sebagian Jakarta di utara akan amblas perlahan terkikis laut.

"Dimulai dari jalan yang terkena langsung air laut sepanjang Cilincing, Ancol, Pluit hingga Kapuk," kata Ketua Walhi Jakarta, Ubaydillah dalam diskusi di kantor Institute Hijau, Komplek Bumi Asri No C-3, Liga Mas Perdatam, Pancoran, Jakarta Selatan.

Omongan ini bukannya tanpa alasan. Pada master plan tata ruang Jakarta 1965-1985 masih terdapat 37,2 % atau 241,8 km2 ruang terbuka hijau (RTH) dari luas Jakarta. Tapi dalam 2000-2010 luas tersebut berkurang jauh menjadi 13,94 % atau 96.6 km2 dari luas Jakarta 661.52 km2.

"Minimnya daerah resapan ini berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas lingkungan hidup," tambah Direktur Institute Hijau, Slamet Daroyni ditempat yang sama.

Kondisi tampungan air di Jakarta juga memprihatinkan. Jika pada zaman Belanda Jakarta punya 266 situ, sekarang tidak lebih dari 33 situ dengan kondisi yang memprihatinkan. Dampaknya, setiap tahun Jakarta mengalami defisit air tanah sebanyak 66.6 juta m3.

"Kuburan dibangun mal di Mangga dua, dibangun apartemen di Kuningan, menjadi kantor Walikota. Sekarang Kanal Banjir Timur sudah selesai tapi hanya mengatasi 13 % masalah," jelas mantan birokrat DKI, Darundono.

Anehnya, langkah mereklamasi pantai malah dibanggakan Pemprov DKI Jakarta. Padahal, reklamasi pantai utara Jakarta malah akan mempercepat tenggelamnya Jakarta. Menurut ahli lingkungan dari IPB, Bogor, Alan Koropitan, reklamasi malah mempercepat proses tenggelamnya Jakarta.

"Dengan dibangun reklamasi, maka daratan akan semakin menjorok ke laut. Alhasil, ombakpun semakin besar dan kecepatan angin juga semakin kuat mengikis Jakarta," ujar Dosen pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ini. detik.com

Jakarta Tenggelam, Kota Jakarta Tenggelam Tahun Berapa, Pernyataan Resmi Pemerintah, Prediksi Kapan Jakarta Bagian Utara Selatan Timur Barat Tenggelam, Info Resmi WALHI, Kapan Jakarta Tenggelam Tahun 2030

No comments:

Post a Comment