Saturday, September 11, 2010

PROPOSAL PENELITIAN BEASISWA Cara Buat Proposal Penelitian Untuk Aplikasi Beasiswa

PROPOSAL PENELITIAN UNTUK APLIKASI BEASISWA CONTOH - Cara Buat Proposal Penelitian Untuk Beasiswa - Beberapa penyelenggara beasiswa ada yang meminta para pelamarnya menyertakan proposal penelitian sebagai bagian dari persyaratan aplikasi beasiswa. Sebenarnya, tidak ada larangan untuk mengajukan proposal penelitian dalam bidang apapun, tetapi sebaiknya kita mengajukan proposal penelitian dalam bidang yang benar-benar kita kuasai dan berhubungan dengan program studi yang telah kita ambil sebelumnya. Untuk program beasiswa terbaru coba baca info beasiswa luar negeri Amerika Serikat AS terbaru.

Demikian dipaparkan Reny Y dalam bukunya, Kuliah Gratis di Luar Negeri terbitan Daras Books. Reny menjelaskan, proposal penelitian yang disertakan dalam berkas aplikasi beasiswa merupakan tulisan singkat yang terdiri dari 1.500-2.000 kata, atau sekira delapan hingga sepuluh halaman A4 dengan spasi tunggal. "Proposal ini berisi rencana penelitian yang akan kita lakukan selama periode tertentu, dan harus sesuai dengan persyaratan program beasiswa atau program studi yang kita ambil," imbuh Reny.

CONTOH PROPOSAL PENELITIAN PROGRAM BEASISWA METPEN -  Umumnya, format proposal penelitian untuk aplikasi beasiswa tidak jauh berbeda dengan proposal penelitian untuk studi kita sebelumnya. Latar belakang berisi paparan secara ringkas teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan seminar, dan pengamatan kita untuk mendukung argumentasi tentang masalah yang ingin kita teliti. Dalam menuliskan rumusan masalah, lengkapi pernyataan kita dengan paparan rinci ruang lingkup masalah yang akan diteliti berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah. Susunlah rumusan masalah dalam kalimat tanya secara singkat, padat, dan jelas.

Setelah rumusan masalah, tuliskan tujuan penelitian sebagai sasaran yang ingin kita capai dalam penelitian. Serta, rumuskan hipotesis penelitian, jika ada. Diikuti dengan menjelaskan kegunaan penelitian bagi pengembangan ilmu. Selanjutnya, jelaskan ruang lingkup dan keterbatasan penelitian.

"Jangan lupa cantumkan juga definisi istilah atau definisi operasional penelitian agar pembaca proposal kita memahami konsep pokok yang kita ajukan," pesan Reny.

Poin terakhir dan tak kalah penting dalam sebuah proposal penelitian adalah menentukan metode penelitian. Poin ini mencakup aspek rancangan penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, pengumpulan data, serta analisis data. okezone.com.

proposal penelitian, contoh proposal penelitian, cara membuat proposal penelitian, proposal penelitian untuk beasiswa, program beasiswa s1, aplikasi beaisswa s1 s2, syarat pendaftaran beasiswa terbaru, beasiswa djarum dan dikti 2010, contoh-contoh proposal pendidikan

No comments:

Post a Comment