Sunday, November 22, 2009

INOVASI BARU: Jaringan TUBUH BUATAN Berhasil DICIPTAKAN

Inovasi Baru Jaringan Tubuh Buatan Berhasil Diciptakan.

Para ilmuwan di Inggris kini tengah mengembangkan jaringan tubuh buatan. Mereka mengklaim, beberapa tahun ke depan mereka akan segera bisa mempruduksi jaringan tubuh buatan secara masal.

Tim yang diketuai Robert Brown dari University College London kini tengah berupaya menciptakan berbagai jaringan tubuh manusia yang nantinya bisa digunakan untuk kepentingan medis.

Artikel selengkapnya.

Ilmuwan Kembangkan Jaringan Tubuh Buatan

Mereka mencoba membuat jaringan kulit, darah, bahkan tulang yang bisa dimanfaatkan bagi orang-orang penderita kerusakan tulang, mata, kulit dan anggota tubuh lainnya. Demikian keterangan yang dikutip dari Times of India, Senin (23/11/2009).

Berkat studi ini, Brown menjadi pelopor dalam penerapan teknik mudah yang memungkinkan dokter membuat jaringan manusia buatan untuk kornea, kulit, ataupun melakukan implan syaraf dan tulang rawan pada pasien hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Mereka mengembangkan proses yang menghasilkan jaringan tubuh manusia dengan menekan air dari kolagen, yaitu senyawa protein yang membentuk 25 persen berat badan kita.

Kulit, tulang rawan dan jaringan pengikat sendi terbuat dari lapisan kolagen atau jaringan penghubung. Lapisan atau jaringan ini lama kelamaan akan usang seiring dengan pertambahan usia. Mereka juga bisa rusak akibat cedera saat olahraga ataupun kecelakaan.

Menurut para peneliti, jaringan tubuh buatan yang mereka ciptakan bisa meremajakan dan memperbaiki kembali jaringan tubuh yang tua atau rusak.okezone

No comments:

Post a Comment