Wednesday, December 1, 2010

STARTING LINE-UP TIMNAS INDONESIA VS MALAYSIA AFF 2010 Susunan Pemain Nasional Indonesia AFF Suzuki Cup 2010

Starting Line-Up Timnas Indonesia Vs Malaysia Piala AFF 2010 Susunan Pemain Nasional Indonesia AFF Suzuki Cup 2010. Perjuangan Timnas Indonesia mewujudkan ambisi kali pertama menjadi juara Piala AFF dimulai malam nanti. Lawan pertama yang akan dihadapi skuad Garuda di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) adalah Malaysia. Pertandingan yang akan disiarkan langsung RCTI pukul 19.30 WIB ini dipastikan sarat emosi mengingat bagaimana naik turunnya hubungan kedua negara. Lihat Skuad Timnas Indonesia AFF 2010 Suzuki Cup Optimisme Riedl Formasi 4-4-2 dan Susunan Pemain Timnas Indonesia Piala AFF 2010 Irfan Bachdim Christian Gonzales Starter Timnas
Bagi tuan rumah Indonesia, partai pembuka ini begitu krusial. Kemenangan harus diraih untuk melapangkan jalan melangkah ke babak selanjutnya. Mengalahkan Malaysia akan menambah spirit dan kepercayaan diri saat menghadapi partai kedua dan ketiga melawan Laos dan Thailand.

"Jadi, tidak boleh tidak. Tim harus bekerja keras untuk mengalahkan Malaysia di partai pertama agar perjuangan di partai berikutnya bisa lebih mudah," ujar Andi Darussalam Tabussala, manajer timnas Indonesia dalam press conference kemarin.

Tugas Indonesia sebetulnya menjadi lebih mudah karena Malaysia tidak datang dengan skuad terbaik. Beberapa pemain pilar cedera dan tidak bisa dimainkan. Tapi pelatih timnas Merah Putih Alfred Riedl menegaskan jika Malaysia tetap ancaman serius.

"Malaysia punya tim kuat. Meski mereka hadir dengan pemain muda, namun bukan berarti akan mudah mengalahkan mereka. Perubahan peraturan AFF untuk mengganti daftar pemain karena banyak pemain mereka yang cedera di ajang Asian Games kemarin di Tiongkok tidak akan menguntungkan kita. Karena selain masih buta dengan kekuatan individu mereka, pemain pengganti tersebut pasti memiliki motivasi lebih untuk bermain bagus di laga nanti," kata Riedl usai memimpin tim mencoba lapangan SUGBK kemarin pagi.

Kendati tak mudah, Riedl optimis timnya bisa merebut kemenangan pada laga pertama malam nanti. "Malaysia memang tim kuat karena mereka di SEA Games lalu menjadi juara. Tapi, dengan turunnya pemain muda, secara mental mungkin lebih menguntungkan bagi kita, asalkan mereka jangan sampai bermain bagus. Jika tidak bisa mengalahkan Malaysia, akan sulit bagi kita di partai berikutnya," lanjut Riedl.

Pertemuan kedua tim nanti bukan hanya merupakan laga sarat gengsi dan ambisi bagi kedu tim. Taip juga mempertaruhkan martabat dan harkat bangsa. Sepanjang sejarah keikutsertaan kedua tim di Piala AFF, kedua negara belum pernah mengecap gelar juara. Tapi dibanding Indonesia, dua tahun belakangan Malaysia mengalami peningkatan kualitas lebih baik. Itu dibutkikan dengan menjuarai SEA Games 2009 dan lolos ke babak delapan besar Asian Games 2010.

"Saat ini suasana dalam tim, hari demi hari semakin kondusif. Ini yang membuat kami optimis bisa menang dalam laga nanti," ungkap Riedl.

Sementara itu pelatih Malaysia K. Rajagopal menuturkan perubahan skuad intinya membuatnya tidak berani menargetkan apapun di ajang ini. "Kami datang sebagai tim underdog, bukan sebagai tim favorit. Karena kami datang dengan pemain muda. Kami kehilangan delapan pemain inti Malaysia yang cedera saat bermain di Asian Games lalu. Ini sangat berpengaruh besar kepada tim. Para pemain tersebut merupakan pemain kunci kami. Jadi levelnya sangat berbeda dengan Indonesia, terlebih lagi mereka menjadi tuan rumah," ujar Rajagopal.

Kendati dalam kondisi yang tidak optimal, Rajagopal tetap optimistis bisa menang lawan Indonesia. Dia berharap skuadnya bisa menampilkan permainan terbaiknya. "Kami akan bermain nothing to lose. Kami akan membuat kejutan," lanjutnya.

Mengenai kemungkinan adanya tekanan dari pendukung Indonesia, Rajagopal mengatakan sebaiknya jangan membawa laga ini ke ranah politik, karena ini adalah olah raga, dan olah raga itu untuk menyatukan perbedaan. "Tapi jika ada tekanan, itu lumrah, karena di bulutangkis juga seperti itu. Tapi jangan sampai berlebihan," bebernya. jpnn.com

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Malaysia Piala AFF 2010 Suzuki Cup

Indonesia (4-4-2): 1-Markus (g); 3-Zulkifly, 5-Maman, 27-Hamka, 2-Nasuha; 22-Ridwan, 15-Utina, 19-Bustomi, 10-Oktovianus; 17-Gonzales, 9-Bachdim
Cadangan: 12-Ferry, 7-Benny, 20-Bambang Pamungkas, 14-Arif Suyono, 21-Yongky, 8-Eka, 6-Toni
Pelatih: Alfred Riedl

Malaysia (4-4-2): 1-Farizal (g); 2-Mat Abu, 18-Mahalli, 4-Asraruddin, 27-Fadhli; 7-Khairul, 16-Kunanian, 8-Safiq, 21-Amirul; 9-Norshahrul, 20-Izzaq
Cadangan: 22-Khairul, 24-Muslim, 12-Amar, 15-Gurusamy, 17-Shukur, 26-Ashari, 10-Safee
Pelatih: Rajagobal Krishnasamy


Piala AFF 2010, Indonesia Vs Malaysia, Starting Line-Up Timnas Indonesia Vs Malaysia, Susunan Pemain Nasional Indonesia Piala AFF 2010, AFF Suzuki Cup 2010, Video Indonesia Vs Malaysia AFF 2010, Youtube Indonesia Vs Malaysia Cupilkan Pertandingan, Hasil Akhir Indonesia Vs Malaysia AFF 2010, Pemain Timnas Indonesia AFF 2010, Skuad Timnas Indonesia AFF 2010 Suzuki Cup, Formasi Timnas Indonesia, Komposisi Pemain Indonesia, Skor Bola Final, Siaran Langsung Piala AFF 2010

No comments:

Post a Comment