Wednesday, October 27, 2010

DEMO SUMPAH PEMUDA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa

FOTO AKSI DEMO PEMUDA MAHASISWA - Demo Sumpah Pemuda Peringatan Hari Sumpah Pemuda Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa 28 Oktober. Jajaran Polda Metro Jaya mempersiapkan pengamanan unjuk rasa dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober besok. 4 Ribu personel Polda Metro Jaya disiapkan di titik-titik demonstrasi. Ambil pelajaran dari demo SBY 1 tahun pemerintahan Sby-Boediono penerapan Protap 01 Kapolri tembak ditempat aksi demo anarkis. Mahasiswa bisa tertembak lagi nih.

"Kita telah menyiapkan sedikitnya 4 ribu personel untuk memberikan pelayanan dan pengamanan kegiatan unjuk rasa dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda ini," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Boy Rafli Amar kepada wartawan di kantornya, Rabu (27/10/2010).

Adapun, satuan yang dilibatkan dalam pengamanan unjuk rasa meliputi Satuan Brimob, Satuan Samapta, Satuan Intel dan Satuan Reserse. Pengamanan akan dibantu oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja.

"Dari Pemprov juga menyediakan ambulans dan petugas dari Dinas Kebersihan," ujarnya.

Boy menyatakan, dalam mengatasi unjuk rasa kali ini, pihaknya akan menerapkan Peraturan Kapolri (Perkap) No 16 Tahun 2006. Para pimpinan di lapangan diimbau untuk mengawasi anggotanya agar tidak melakukan penembakan dengan peluru tajam.

"Agar masing-masing pimpinan untuk lebih mengendalikan anggotanya di lapangan, khususnya kepala pengamanan objeknya," ujarnya.

Boy mengatakan, hingga kini sudah terdaftar 3 ribu orang yang tergabung dalam berbagai elemen yang akan melakukan aksi unjuk rasa. Adapun elemen yang akan turun ke jalan di antaranya dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), mahasiswa dan organisasi buruh.

"Seperti dari Repdem (Republik Demokrasi, Bendera (Benteng Demokrasi Rakyat) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) se-Indonesia," katanya.

Para pengunjuk rasa akan berdemo di depan Kantor Kementrian Pemuda dan Olahraga, di depan Istana Negara, di kawasan DPR/MPR, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Dalam kegiatan unjuk rasa ini, kepolisian melarang pengunjuk rasa untuk membawa alat peraga yang dapat mengganggu ketertiban umum. "Misalnya, hewan," ucapnya.

Boy berharap, aksi unjuk rasa ini dilakukan dengan tertib dan damai. Pihaknya tidak segan-segan untuk menindak tegas para demonstran yang bertindak anarki.

"Kita tindak sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Meski meyakini kegiatan unjuk rasa kali ini akan damai, namun pihaknya tetap mewaspadai adanya pihak-pihak yang akan memperkeruh suasana demo, seperti saat demo 1 tahun kepemimpinan SBY-Boediono, 20 Oktober lalu.

"Kita mengira akan damai, tapi kenyataannya, mereka bertindak brutal," katanya.

Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum sebagai proses hari lahirnya bangsa Indonesia. 28 Oktober 1928 silam, para pemuda se-Indonesia merapatkan barisannya dan bersatu untuk melawan penjajahan kolonial Belanda. detik.com

Hari Sumpah Pemuda, Kapan Hari Sumpah Pemuda, Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Peristiwa Tanggal 28 Oktober, Makna Hari Sumpah Pemuda, Pergerakan Mahasiswa, Hari Sumpah Pemuda dan Peran Mahasiswa, Protap 01 Kapolri Tembak Ditempat, Aksi Demo Mahasiswa, Demo Sumpah Pemuda, Demo Peringatan Hari Sumpah Pemuda

No comments:

Post a Comment