Wednesday, October 27, 2010

BERITA TERKINI SUNAMI MENTAWAI Pencarian Ratusan Hilang Korban Tsunami di Mentawai

PETA LOKASI SUNAMI MENTAWAI PASCA GEMPA PADANG - Berita Terkini Sunami Mentawai Pencarian Ratusan Hilang Korban Tsunami Di Mentawai. Medan berat dan kurangnya peralatan pendukung menjadi hambatan dalam pencarian korban Tsunami di Mentawai yang hilang. Tim pencari menggunakan 4 helikopter untuk mencari titik-titik yang diduga sebagai tempat terseretnya warga akibat terjangan gelombang Tsunami. Simak prediksi atau potensi gempa megathrust pasca gempa bumi Padang Mentawai 7,2SR Sumbar

"Saat ini sudah ada 3 helikopter dari TNI dan Basarnas yang beroperasi mencari korban hilang. Kemungkinan bertambah satu lagi," kata Kepala Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Sumatera Barat, Ade Edward, kepada detikcom, Rabu (27/10/2010).

Ade mengakui, kondisi alam dan infrastruktur yang minim membuat tim pencari korban kesulitan untuk melakukan penyusuran titik-titik bencana. Tidak hanya curah hujan tinggi, namun ketinggian gelombang laut pasca gempa turut menjadi kendala.

"Gelombangnya luar biasa tinggi pasca gempa dan tsunami kemarin, belum lagi di selatan kepulauan merupakan Samudra Hindia lepas," kata Ade.

"Kemarin saja ada pejabat Angkatan Laut tidak tembus ke sini, dia pulang lagi ke Padang," imbuhnya.

Dia berharap dengan memaksimalkan pencarian lewat udara dapat mempercepat pencarian korban tsunami. "Kita berharap tiga hari ke depan pencarian korban berjalan maksimal," ujarnya sembari menyebutkan pencarian difokuskan di empat kecamatan yang mengitari Kepulauan Mentawai.

Gempa yang melanda Mentawai menyebabkan gelombang tsunami setinggi 3-7 meter yang menyapu kawasan di pinggir pantai. Data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mentawai hingga pukul 08.00 WIB ada 112 warga meninggal, 109 orang hilang, dan 502 KK yang mengungsi.

Bencana tersebut juga menyebabkan 179 rumah rusak berat, 300 unit rusak ringan, dan 4 rumah ibadah juga rusak. Korban kemungkinan akan terus bertambah. deti.com

gempa bumi, gempa bumi padang sumbar 7,2sr 2010, gempa mentawai terbaru 7,2sr, video gempa bumi padang, gempa bumi terbaru indonesia 2010, gempa susulan padang sumbar, gempa bumi susulan mentawai padang sumbar, info bmkg, sunami, gelombang sunami, tsunami, tsunami mentawai, foto sunami sumatera barat, gempa sumatera 7,7sr, free download, video youtube sunami, gelombang sunami padang mentawai sumbar, video youtube gempa bumi padang mentawai sumbar 2010, potensi gempa megathrust dahsyat, berita terkini sunami mentawai

No comments:

Post a Comment