Thursday, September 24, 2009

INILAH MANFAAT TARI PERUT Untuk Kesehatan Tubuh Pikiran Dan Pencernaan! Dapat Mempermudah Proses MELAHIRKAN Juga Lho!

Foto Gambar Manfaat Tari Perut Untuk Kesehatan Tubuh Pikiran Pencernaan Mempermudah Melahirkan Belly Dance Picture Image
Ternyata banyak sekali manfaat tari perut untuk kesehatan tubuh! Tidak hanya tubuh semakin sehat dan bugar, belly dance bahkan dapat sangat membantu dalam proses melahirkan.

Tarian perut merupakan jenis tari yang sudah berumur cukup tua. Pada jaman Mesir Kuno dan Kekaisaran Romawi, setiap upacara keagamaan diawali dengan tarian dinamis nan eksotis ini. Kalau pernah nonton film besutan Hollywood, beberapa box office movies seperti Indiana Jones dan Temple of The Doom mempertontonkan upacara kuno persembahan kepada sang dewa yang semakin berhawa mistis saat penari perut keluar memakai cadar dan menari di depan sang korban.

Saat ini tari perut menjadi salah satu alternatif sehat dengan olah raga atau fisik yang banyak dilakukan oleh para wanita yang ingin memilik bentuk pinggul yang indah ideal dan tubuh seksi menawan. Ayo dibaca lebih lanjut artikel tentang manfaat tarian perut bagi kesehatan badan pikiran dan proses melahirkan.

Tari Perut Membantu Proses Melahirkan

Tari perut sedang digandrungi kaum perempuan karena bisa membantu membentuk tubuh agar terlihat seksi. Tak cuma itu, tari perut juga bisa membantu proses melahirkan dan membantu wanita agar cepat hamil.

Tari perut banyak dilakukan oleh perempuan untuk mengekspresikan dan mengeluarkan semangat dalam dirinya. Tari perut memiliki beberapa jenis tergantung dari kebudayaan mana yang mempengaruhinya. Di zaman Mesir kuno dan Romawi, tari perut sering dihubungkan dengan upacara keagamaan.

Sudah sejak lama tari perut dihubungkan dengan kesuburan seseorang. Hal ini bukanlah kesimpulan yang aneh. Gerakan fisik dan sensual perut selama tarian turut menggerakkan otot perut, sehingga bisa membantu proses melahirkan dan membuat bayi lebih mudah keluar.

Sedangkan gerakan pinggul saat tarian mirip dengan latihan gerakan panggul yang diajarkan pada kelas-kelas sebelum melahirkan, yang bertujuan untuk menguatkan otot-otot yang berhubungan dengan perut.

"Keuntungan psikologis lain yang didapat dari tari perut ini adalah bisa membuat seorang perempuan lebih peduli dan bertanggungjawab terhadap tubuhnya serta mengurangi sifat egois," ujar Charlotte Blignaut, seorang penari tari perut profesional dan pengajar di The Jewels of the Nile dance studio di Johannesburg, seperti dikutip dari Health24, Jumat (25/9/2009).

Selain bisa membantu proses kelahiran, tari perut juga memiliki keuntungan lainnya, yaitu:

1. Memperbaiki postur tubuh dan menguatkan otot. Gerakan menghentakkan pinggul serta gerakan melingkar melibatkan sendi dan ligamen yang berada di belakang dan di pinggul. Gerakan yang berulang tersebut membantu meningkatkan arus cairan sinovial pada sendi. Membantu mengurangi rasa nyeri punggung dan mengencangkan otot-otot yang tegang sehingga memungkinkan untuk memiliki postur serta keseimbangan yang lebih baik.
2. Menurunkan berat badan. Diperkirakan dalam satu jam latihan yang panjang dapat membakar kalori sampai dengan 1.250 kJ, tapi tergantung dari intensitas tarian itu sendiri. Akan lebih bagus lagi jika dikombinasikan dengan pola makan yang sehat.
3. Menghilangkan stres. Gerakan pada tarian ini umumnya menenangkan dan karena dilakukan berulang-ulang sehingga membutuhkan konsentrasi yang dapat mengurangi stres. Saat tubuh stres leher dan otot punggung menjadi tegang, dengan melakukan tarian perut bisa meningkatkan aliran darah ke daerah tersebut sehingga menghilangkan rasa sakit.
4. Membantu pencernaan. Gerakan badan dan daerah sekitar perut bisa membantu sistem pencernaan manusia. (detikhealth)

No comments:

Post a Comment