Wednesday, September 30, 2009

INFO TERAKHIR Penyebab Gempa Padang Sumbar Indonesia 2009: Guncangannya Sampai Ke Malaysia Dan Singapura

Foto Tumbukan Lempeng Benua Penyebab Gempa Padang Sumbar Indonesia Guncangannya Sampai Ke Malaysia Dan Singapura
Inilah info terakhir penyebab terjadinya gempa luar biasa di Padang Sumatera Barat Indonesia Jakarta Pekanbaru Bukit Tinggi Sibolga Tapanuli Selatan Bengkulu Muko Muko Gunung Sitoli!

Pasti banyak yang penasaran apa yang menyebabkan terjadinya gempa di Indonesia yang getarannya sampai ke negara tetangga Singapore dan Malaysia. Yang cukup mengherankan adalah guncangan gempa ini terjadi hingga berkali-kali di bulan September 2009.

Penjelasan singkat dari Kepala Badan Geologi Departemen ESDM dalam info terupdate sebab utama terjadinya gempa Indonesia di padang sumbar dan beberapa wilayah tanah air yang turut menggoyang Malaysia dan SIngapura mungkin bisa menjawabnya.

Gempa Padang Akibat Tumbukan Lempeng Hindia & Asia

Gempa 7,6 Skala Richter yang berpusat di 57 km dari Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) gertarannya terasa hingga Malaysia dan Singapura.

Menurut Kepala Badan Geologi Departemen ESDM R Sukhyar, gempa kali ini berkaitan dengan tumbukan antara lempeng Samudra Hindia dengan Asia di Pantai Barat Sumtara.

"Jadi lempeng tektonik Samudera Hindia menujam di bawah lempeng Asia yang berada di Sumatera. Energi yang dilepaskan itu akibat penujaman itu menjadi gempa," paparnya.

Dari catatan BMG, kata Sukhyar, terjadi beberapa gempa susulan. Namun intensitasnya menurun. "Gempa susulan memang terjadi, tapi sangat kecil kemungkinan terjadi gempa yang lebih besar," ujarnya. (okezone)

No comments:

Post a Comment