Thursday, December 2, 2010

BENCANA BANJIR SURABAYA TERBESAR DALAM SEJARAH Penyebab Banjir Surabaya Akibat Pembangunan Box Culvert

FOTO BANJIR SURABAYA TERBARU - Bencana Banjir Surabaya Terbesar Dalam Sejarah Penyebab Banjir Surabaya Barat Akibat Pembangunan Box Culvert. Surabaya Jawa Timur - Berita Terbaru Bencana Banjir yang merendam pemukiman maupun pabrik di kawasan Surabaya Barat merupakan banjir terbesar dalam sejarah. Tingginya genangan banjir yang menerjang di kawasan tersebut, diduga pembangunan box culvert di Simo Pomahan hingga Simo Jawar. Lihat Gempa Padang Sumbar 4,2SR 3/12/10 Lebih Dahsyat Dari Gempa Mentawai Sumatera Barat Kembali Bergetar dan SBY Vs Sri Sultan Pasal RUUK DIY Parardhya Keistimewaan Yogya Inkonsistensi Referendum Solusi.

Efek pembangunan box culvert yang diduga menyebabkan banjir lebih tinggi, juga dirasakan PT Barindo Anggun Industry (BAI), pabrik di bidang pembuatan kran air di Jalan Simo Pomahan.

HRD Manager & General Affair PT BAI, Soewandi mengatakan, banjir sering terjadi di pabrik yang dibangun sejak tahun 1973.

"Kalau hujan deras memang biasa banjir, tapi tidak pernah menganggu proses produksi. Tapi banjir kali ini merupakan yang terbesar dalam catatan kami," kata Soewandi Jumat (3/12/2010).

Namun sejak dibangunnya box culvert di sepanjang sungai di Simo Kalangan, Simo Pomahan hingga Simo Jawar, PT BAI terendam banjir yang besar hingga 3 kali. Dan hari ini merupakan yang tertinggi dan membuat aktivitas pabrik lumpuh.

"Mungkin banjir besar ini karena pembangunan box culvert yang belum rampung," tuturnya.

Soewandi berharap Pemerintah Kota Surabaya, untuk segera menyelesaikan pembangunan box culvert, agar tidak menambah beban dan menganggu aktivitas pabrik. Alasannya, jika proses produksi sampai lumpuh, akan menimbulkan kerugian ratusan juta rupiah yang diderita pabrik.

"Juga kasihan pada pekerja. Ada 400 pekerja. Kalau mereka tidak bekerja, kasihan istrinya, kasihan anaknya. Mohon kepada Pemkot Surabaya, untuk segera menyelesaikan box colvert agar tidak banjir parah. Apalagi sekarang ini kan musim hujan," jelasnya.

Dari pantauan detiksurabaya.com hingga pukul 08.30 WIB, sepanjang Jalan Simo Pomahan hingga Balongsari fungsi berubah seperti menjadi sungai.

Kedalaman genangan banjir itu hingga 70 cm, membuat kendaraan roda dua tidak berani melintasinya. Hanya kendaraan berat dan tinggi seperti truk yang tenang melintasinya. Genangan air di sepanjang Jalan Simo Pomahan malah turun ke sungai yang sedang dibangun proyek box culvert.

"Ayo jalan terus, jangan berhenti biar tidak macet. Kalau memang berani silahkan melintas, kalau tidak berani lebih baik balik saja," tambah anggota Lalu Lintas Polsek Sukomanunggal yang sedang mengatur lalu lintas di Jalan Darmo Satelit. detik.com

Banjir Surabaya, Bencana Banjir Surabaya, Banjir Surabaya Terbesar Dalam Sejarah, Video Banjir Subaraya Terbaru, Youtube Bencana Banjir Surabaya Terkini, Penyebab Banjir Surabaya, Surabaya Belum Bebas Banjir, Pembangunan Box Culvert, Wilayah Surabaya Barat Jawa Timur

No comments:

Post a Comment