Tuesday, February 8, 2011

KRONOLOGIS KERUSUHAN TEMANGGUNG 2011 Penyebab Temanggung Rusuh Versi Ulil JIL Via Twitter

Kronologis Kerusuhan Temanggung 2011 Penyebab Temanggung Rusuh Versi Ulil JIL Via Twitter. Jawa Tengah, PN Temanggung - Tokoh NU Ulil Abshar Abdalla sekaligus pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) melalui akun twitternya @ulil memberikan runtutan kronologis kerusuhan Temanggung. Lihat Video Youtube Kerusuhan Temanggung 2011 Sidang Kasus Penistaan Agama Picu Rusuh Temanggung dan Temanggung Rusuh 2011 Gereja Dibakar Kerusuhan Temangggung Meluas.

Menurutnya kerusuhan di Temanggung 2011 ini terkait dengan pengadilan terhadap Antonius R Bawean atas tuduhan penistaan agama. Kejadian bermula sekitar Oktober tahun lalu, Antonius singgah di rumah saudaranya di Temanggung. Saat itulah dia sebarkan buku dan selebaran.

Ada dua buku dan selabaran yg dibagikan Antonius pada malam hari lewat sela-sela pintu rumah penduduk. Selebaran itu berisi keterangan yang menghina agama, bukan hanya Islam, tapi juga agama lain.

Saat Antonius bagikan selebaran itu, ada warga yang melihat. Langsung dilaporkan ke Ketua RT yang kebetulan seorang polisi. Dia kemudian ditangkap.

"Saya belum tahu persis apa isi selebaran dan buku yang dianggap menistakan agama-agama itu. Warga yg mendapat selebaran itu juga tak banyak,"katanya, Kamis (08/02/2011).

Singkat cerita, Antonius penyebar selebaran itu diadili. Sudah kira-kira sebulan ini sidang berlangsung, Setiap sidang selalu dihadiri massa yang tampaknya marah dengan kasus penistaan agama ini.

"Hari ini, sidang membacakan tuntutan. Oleh jaksa, Antonius dituntut hukuman 5 tahun. Massa marah. Mereka ingin hukuman mati," imbuhnya.

Massa lalu ngamuk, menyerang kantor pengadilan, dibubarkan oleh polisi, tapi terus menyebar ke mana-mana. Massa kemudian menuju ke beberapa gereja yg jaraknya sekitar 1 km dari gedung pengadilan. Ada 2 gereja dibakar, satu dirusak.

Sedikit gambaran soal massa yang ikut bergerak hari ini banyak dari mereka yg berasal dari luar kota seperti Pekalongan dan lain-lain.

Tampak sekali massa diorganisir secara rapi dan banyak di antaranya yang datang dari luar kota. Sejak sidang kasus Antonius memang kota Temanggung agak tegang, terutama ketegangan itu dirasakan oleh masyarakat Kristen.

"Hari ini, sekolah Katolik yang ada di dekat gereja Katolik dirusak, diliburkan sejak pagi. Ada sekitar 8 polisi yang jaga di sana,"ungkapnya.

Melihat rentetan peristiwa ini, timbul pertanyaan: siapa yang organisir massa ini? Motif apa yg ada di baliknya? "Saya tak tahu, sebesar apa kekuatan polisi yg diterjunkan di Temanggung. Tapi melihat berita, mereka sudah berupaya maksimal," ungkapnya. inilah.com

Kronologis Kerusuhan Temanggung 2011, Sebab Temanggung Rusuh, Ulil JIL, Twitter, Temanggung Rusuh 2011, Penyebab Kerusuhan Temanggung, Gereja Dibakar Akibat Kerusuhan Temangggung, Video Temanggung Rusuh 2011, Youtube Kerusuhan Temanggung Terbaru, Foto-foto Kerusuhan Temanggung Update

No comments:

Post a Comment